oleh

Kopi Boehoen yang Mendunia Itu Berasal dari Rancakalong Sumedang

BERITA SUMEDANG, ruber.id – Selain dikenal karena Ubi Cilembu, dan Tahu Sumedang yang khas, kini Kabupaten Sumedang, Jawa Barat juga kesohor ke berbagai belahan dunia karena Kopi Boehoen. Kopi ini berasal dari Desa Nagarawangi, Kecamatan Rancakalong.

Kopi Boehoen dengan olahan unggulan full wash dan spesial di antaranya Kopi Lanang, Kopi luwak, Honey, Natural, dan Wine ini kini sudah diekspor ke berbagai negara. Kopi ini merupakan produk dari kelompok tani Maju Mekar di Kecamatan Rancakalong, asuhan H Syamsudin.

“Alhamdulilah Kopi Boehoen dari Rancakalong Sumedang ini sudah punya pasar yang menjanjikan. Bahkan, telah dipasarkan ke luar negeri dari mulai Singapura, Malaysia hingga Inggris,” ucap Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan. Saat mengikuti panen kopi di kebun H Syamsudin, Pengurus Kelompok Tani Maju Mekar, di Desa Nagarawangi, Rabu (9/6/2021).

Erwan berharap, Kopi Boehoen yang telah mendunia dan para pelaku UMKM lainnya di Kabupaten Sumedang dapat terus tumbuh dan berkembang di tengah Pandemi Covid 19.

Erwan berjanji, Pemkab Sumedang juga akan terus mendorong para pelaku UMKM sehingga dapat terus berkembang dan maju.

“Harapannya, UMKM tetap bisa survive, terutama pengusaha lokal seperti kopi. Semoga pandemi Covid-19 sekarang ini dapat segera berakhir. Sehingga pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan dapat berjalan dengan normal,” harapnya. (R003)

BACA JUGA: Layaknya Niaga di Amerika, Bupati Sumedang Terpesona Indahnya Alam Curug Bu’ud

loading...

Komentar