22.4 C
Indonesia
Rabu, September 22, 2021
spot_img

Karawitan SMKN 1 Sumedang Wakili Jabar di FLS2N tingkat Nasional

BERITA EDUKASI, ruber.id – Jurusan Karawitan SMKN 1 Sumedang akan mewakili Jawa Barat di tingkat nasional pada ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SMK tahun 2020.

Sebelumnya, jurusan Karawitan SMKN 1 Sumedang meraih juara 1 pada event FLS2N jenjang SMK tingkat Provinsi Jawa Barat, bidang lomba Musik Tradisi Daerah.

Pada lomba di tingkat provinsi, melalui karya berjudul Tulung Lutung, para seniman muda SMKN 1 Sumedang ini sukses mengungguli perwakilan sekolah lain dari 27 kabupaten/kota.

“Ahamdulillah sudah diumumkan, SMKN 1 Sumedang berhasil memenangkan lomba di tingkat Jabar. Dan sekarang, kami bersiap menjadi wakil Jabar di tingkat nasional,” kata Kepala Jurusan Seni Karawitan SMKN 1 Sumedang Adi Kurniawan, Kamis (24/9/2020).

BACA JUGA:  Pejabat Pengadaan di Setda Sumedang Mundur, Taufik: Jangan Sampai Terjadi Stagnansi Pembangunan
BACA JUGA:  Tukang Bakso Tewas Tertimbun Truk Batu Bara di Jatinangor Sumedang

Adi menjelaskan, meski tahun ini pelaksanaan FLS2N dilakukan secara virtual, namun tetap berusaha menjaga semangat berkarya.

Dengan tetap memacu siswanya untuk menampilkan yang terbaik di tengah pandemi COVID-19 ini.

Adi menuturkan, konsep Tulung Lutung sendiri merupakan karya musik komposisi baru yang berakar dari salah satu permainan tradisional anak-anak Sunda zaman dahulu, yang disebut Paciwit-ciwit Lutung.

Cerita ini, kata Adi, selanjutnya diimplementasikan dan diaktualisasi dalam bentuk karya musik, yang dominan menyajikan alat musik tradisional Sunda.

Seperti alat musik suling, bonang, kendang, jenglong, terompet, saron, dan kecapi.

Adi menambahkan, penyajian musikalisasi dengan tema Tulung Lutung pada FLS2N tingkat Jabar ini ditampilkan oleh 5 siswa jurusan seni karawitan.

BACA JUGA:  Jalan Berlubang di Wilayah Kota Sumedang Mulai Ditambal

Yakni Bhisma Raka Nalendra, Fajar S Maulana, Ihsan Fauzi, Fikri Ikhsan Nurhakim, dan Ghany Rizki Maulana.

Kelima siswa ini dibimbing tim l guru seni. Di antaranya, Wendi Pancasura, dan Taufik Candiansyah.

BACA JUGA:  Sejak Corona Merebak, Omset Pengusaha Cuci Mobil di Sumedang Turun Drastis

“Kami sampaikan terima kasih kepada kepala SMKN 1 Sumedang, Ibu Elis Herawati, yang selalu memotivasi dan memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan FLS2N 2020, dan semua keluarga SMKN 1 Sumedang,” katanya.

Sementara, Kepala SMKN 1 Sumedang Elis Herawati mengaku bangga atas perjuangan tim karawitan FLS2N yang kembali bisa mewakili Jabar ke tingkat nasional.

Karena, kata Elis, pada ajang FLS2N 2019 lalu, tim karawitan SMKN 1 Sumedang juga mewakili Jabar di tingkat nasional. Bahkan, menjadi tim terbaik pada salah satu kategori.

BACA JUGA:  Tukang Bakso Tewas Tertimbun Truk Batu Bara di Jatinangor Sumedang

“Kami mohon doa dan dukungan dari semuanya, semoga tren positif ini tetap berlanjut. Sehingga, kami mampu memberikan hasil yang maksimal untuk Jawa Barat di tingkat nasional,” sebutnya. (R003)

BACA JUGA: Keren Nih! Remaja Pecinta Musik asal Sumedang Kolaborasikan Musik Etnik dan Modern

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles