22.4 C
Indonesia
Senin, September 27, 2021
spot_img

Invermectin Hanya untuk Hewan, Kontennya Banyak Ditemui di TikTok, Facebook hingga Forum Reddit

BERITA TEKNO, ruber.id – Beberapa platform sosial media seperti TikTok, Facebook hingga Forum Reddit disebut-sebut ikut andil dalam menyebarkan konten soal Invermectin. Apakah itu?
Invermectin adalah obat anti parasit yang tengah diyakini menjadi solusi bagi mereka yang terkena Covid-19.

Mereka yang anti vaksin, lebih memilih obat Invermectin ini dibandingkan harus disuntik vaksin Covid-19.

Disinyalir, tingginya permintaan Ivermectin berawal dari berbagai konten di TikTok atau medsos lain. Dikutip dari The Rolling Stones, mereka menemukan puluhan konten mengenai anjuran mengonsumsi Invermectin. Bahkan, beberapa di antara konten tersebut telah dilihat jutaan kali.

Tak lupa tagar untuk mempromosikan Invermectin sebagai obat yang bisa menangani Covid-19. Seperti tagar #ivermectin4covid, #ivermectinworks, dan lain sebagainya.

BACA JUGA:  Pasien Positif Corona di Sumedang Tambah 8 Orang, 6 di Antaranya Petugas Medis
BACA JUGA:  Data Penerima Bantuan Corona Keliru dan Tak Sinkron, Legislator Sumedang: Ada Apa dengan Pemerintah Provinsi?

CDC: Invermectin Hanya untuk Hewan

Padahal, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) telah memperingatkan dokter atas lonjakan permintaan obat tersebut bahkan hingga lima kali lipat.

CDC mengatakan jika obat-obatan tersebut hanya untuk hewan dan diragukan keamanannya untuk diberikan ada manusia. Ivermectin bisa menyebabkan efek samping yang cukup serius.

Walau demikian, obat tersebut dapat digunakan. Namun, hanya menangani parasit tertentu, seperti kutu kepala misalnya.

TikTok sendiri telah menghapus beberapa video tentang Ivermectin yang melanggar pedoman komunitas. Demikian dilansir The Verge, Minggu (29/8/2021).

Seorang juru bicara TikTok mengatakan akan terus melenyapkan beberapa konten dan tagar terkait Ivermectin.

Namun nahas, beberapa video dari tenaga kesehatan yang memberikan informasi tepat mengenai obat tersebut juga hilang.

BACA JUGA:  Data Penerima Bantuan Corona Keliru dan Tak Sinkron, Legislator Sumedang: Ada Apa dengan Pemerintah Provinsi?
BACA JUGA:  Ajuan PSBB Sumedang Masuk Bandung Raya, Berikut Data Terkini COVID-19

Beberapa pengguna Reddit juga meminta penanggungjawab forum tersebut agar mengambil tindakan cepat atas kesalahan informasi soal Ivermectin yang sudah terlanjur beredar luas.

Walau begitu, CEO Reddit Steve Huffman, mengatakan, tidak secepat itu menghapus ulasan mengenai Ivermectin. Sebab, forum tersebut merupakan tempat diskusi serta debat terbuka secara otentik.

Reddit baru akan mengambil langkah jika ada penggunanya yang melakukan atau mempromosikan penipuan, serta mengajak pengguna lain melakukan tindakan berbahaya.

Banyak dari moderator Reddit mengkritik pernyataan Huffman. Sudah, banyak dari mereka yang memposting penggunaan Ivermectin dan ini dipercaya termasuk mendorong seseorang mengonsumsi obat berbahaya. Tetapi, tetap tayang di forum itu.

Penulis: Ardini Maharani DS
Editor: Bam

BACA JUGA:  Sejumlah Aplikasi untuk Melihat Hantu yang Dianggap PlayStore Mengerikan

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles