21.4 C
Indonesia
Jumat, September 17, 2021
spot_img

Butuh Pelayanan Kesehatan Saat Mudik, Hubungi 119

ruber — Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek menginformasikan pada masyarakat agar tidak ragu menghubungi layanan cepat tanggap darurat Public Safety Center (PSC) 119, jika terjadi situasi kegawatdaruratan kesehatan saat perjalanan mudik.

”Kami telah menyiagakan sebanyak 188 PSC 119 untuk mendukung kelancaran dan keamanan serta kesehatan pada musim mudik tahun 2019,” kata Nila, sebagaimana dilansir dari depkes.go.id, Senin (27/5/2019).

“Pelayanan ini selalu siaga selama 24 jam,” sambung Nila.

Menurut Nila,PSC 119 ini memiliki jaringan yang terintegrasi dan terpadu di beberapa daerah.

“National Commando Centre (NCC) PSC 119 ini terpusat di Kementerian Kesehatan. Jika ada kejadian di daerah, maka komando pusat akan menghubungi PSC 119 terdekat dari titik peristiwa,” sambung dia.

BACA JUGA:  Haidar Alwi Diusulkan Jadi Menteri BUMN Kabinet Indonesia Kerja Jilid II
BACA JUGA:  Haidar Alwi Diusulkan Jadi Menteri BUMN Kabinet Indonesia Kerja Jilid II

Jika di lokasi peristiwa tidak terdapat PSC 119, tambahnya, komando pusat akan langsung berkoordinasi dengan pihak kepolisian setempat dan pelayanan kesehatan terdekat

“Puskesmas atau rumah sakit terdekat akan melakukan pertolongan pertama,” katanya.

Rencana ke depan, Nila mendorong seluruh kabupaten/kota untuk membentuk PSC yang terintegrasi dengan komando pusat di Jakarta.

Hal tersebut, sambungnya, sesuai dengan amanat Instruksi Presiden Nomor 4 tahun 2013 mengenai Program Dekade Aksi Keselamatan Jalan disebutkan bahwa setiap Kabupaten/Kota wajib membentuk PSC.

Layanan cepat tanggap darurat kesehatan 119 memang terus berinovasi. Salah satunya inovasi ambulans roda dua untuk mempercepat jangkauan ke lokasi peristiwa.

Ambulans roda dua ini cukup efektif saat lalu lintas sedang padat dan mampu menjangkau area yang sulit ditempuh dengan kendaraan roda empat.

BACA JUGA:  Korlesting Listrik, Ambulans di Tanjungsari Ludes Terbakar
BACA JUGA:  Soal Jatah Kursi Menteri, NU Beda Paham dengan Partai Politik

”Ambulans roda dua ini disetting meluncur terlebih dahulu ke lokasi untuk melakukan pertolongan pertama. Setelah itu, ambulans roda empat menyusul untuk mengevakuasi korban,” jelasnya.

”Saya harap masyarakat tidak ragu untuk menghubungi 119. Kami siap melayani para pemudik kapanpun dan dimanapun,” tutup Nila. red

Foto: MENTERI Kesehatan Nila F. Moeloek. net/ruang berita

 

 

SUMBER: depkes.go.id

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles