oleh

Buah Rambutan, si Segar Manis yang Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

TIPS & HOBI, ruber.id – Anda pastinya tidak asing lagi dengan buah rambutan. Ya, buah yang memiliki rambut pada kulitnya ini mudah ditemui, bahkan harganya pun terbilang murah.

Sekilas, buah ini mirip dengan leci. Namun jika dicermati, banyak perbedaannya dan yang paling mencolok yakni rambutan ini memiliki rambut.

Banyak jenis rambutan yang dijual di pasaran. Bagi Anda yang senang mengonsumsi buah ini, ternyata banyak manfaatnya lho untuk kesehatan tubuh.

Berikut berbagai manfaat buah yang mempunyai nama latin nephelium lappaceum dan merupakan buah asli asal Asia Tenggara ini.

Kaya Nutrisi

Buah rambutan ternyata kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Setiap 100 gram daging rambutan mengandung 1.3-2 gram serat yang baik untuk tubuh.

Mengandung Vitamin C

Selain kaya nutrisi, buah rambutan juga kaya vitamin C yang berperan sebagai antioksidan alias penangkal radikal bebas, sehingga dapat membantu menyerap zat besi lebih mudah di dalam tubuh.

Mengonsumsi 5-6 buah rambutan setiap hari, Anda sudah dapat memenuhi 50% kebutuhan vitamin C harian.

Tentunya, semakin banyak antioksidan yang masuk ke dalam tubuh, sel-sel tubuh Anda semakin terlindungi dari kerusakan akibat radikal bebas.

Mengandung Banyak Mineral

Tak hanya vitamin C, rambutan juga mengandung banyak mineral penting yang terletak pada kandungan tembaga dalam dagingnya.

Kandungan itulah yang berperan penting dalam pertumbuhan dan pemeliharaan berbagai sel tubuh, baik sel tulang, otak, dan jantung.

100 gram buah rambutan sudah memenuhi 20% kebutuhan tembaga harian Anda. Disamping itu, Anda juga mendapatkan asupan mangan, fosfor, kalium, magnesium, besi dan seng dari buah rambutan, meskipun jumlahnya lebih sedikit.

Melancarkan Pencernaan

Untuk Anda yang memiliki masalah sembelit alias susah buang air besar, buah rambutan bisa menjadi solusi.

Pasalnya, buah ini termasuk salah satu jenis buah-buahan yang baik untuk melancarkan pencernaan. Dalam setengah daging buah rambutan mengandung serat tidak larut air. Artinya, serat tidak menyatu dengan air dan langsung melewati sistem pencernaan.

Kemudian mendorong kotoran di dalam usus, sehingga pencernaan Anda pun jadi lebih lancar.

Sementara sebagian kandungan serat lainnya termasuk serat larut air dan menjadi makanan bagi bakteri usus untuk menghasilkan asam lemak rantai pendek.

Ini berfungsi untuk mengurangi peradangan dan memperbaiki gejala gangguan usus.

Membantu Menurunkan Berat Badan

BACA JUGA: Berat Badan Naik, Ini 3 Pemanis Pengganti Gula yang Lebih Sehat

Anda yang sedang menjalani diet, ternyata buah yang satu ini juga dapat membantu mencegah kenaikan berat badan sekaligus menurunkan berat badan denban kandungan serat tinggi dan kalori rendahnya.

Tentu saja dengan kandungan serat larut airnya yang melimpah dapat memperlambat pencernaan dan penyerapan nutrisi dalam tubuh.

Nafsu makan Anda dijamin akan berkurang dan justru merasa kenyang lebih lama dengan mengonsumsi rambutan.

Menjaga Imun Tubuh

Buat Anda yang gampang sakit, coba makan buah rambutan sedikit demi sedikit, karena sejumlah ahli mengungkap manfaat rambutan bisa membantu meningkatkan imun atau sistem kekebalan tubuh.

Seperti pada penelitian jurnal LWT-Food Science and Technology tahun 2009, disebutkan bahwa rambutan mengandung sifat antioksidan dan antibakteri yang dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Banyaknya asupan vitamin C yang masuk ke dalam tubuh mendorong produksi sel darah putih untuk melawan infeksi.

Bila vitamin C dalam tubuh sedikit, maka sistem imun Anda akan semakin lemah dan rentan terhadap infeksi.

Oleh karena itu, disarankan mengonsumsi rambutan untuk menambah imun tubuh.

Itulah segudang manfaat mengonsumsi rambutan yang perlu Anda tahu. Semoga bermanfaat! (CW-002)

loading...

Komentar