Berat Badan Naik, Ini 3 Pemanis Pengganti Gula yang Lebih Sehat

  • Bagikan
pemanis pengganti gula
ILUSTRASI pemanis pengganti gula yang lebih sehat. net/ruber.id

BERITA TIPS & HOBI, ruber.id – Konsumsi gula berlebihan bisa membuat berat badan Anda naik drastis. Artinya risiko gangguan kesehatan pun semakin tinggi. Gula pun sering dianggap sebagai biang kesalahan.

Padahal, permasalahannya terletak pada konsumsi gula secara berlebih tanpa Anda sadari. Salah satu cara menghindarinya adalah mengganti gula dengan pemanis lain yang lebih sehat. Seperti stevia, tagatose dan sukralosa.

Dilansir dariĀ Healthline, salah satu cara untuk menghindari penggunaan gula yang berlebihan adalah dengan menggunakan pemanis lain, yang memberikan rasa manis. Namun memiliki kandungan yang lebih sehat.

Berikut pemanis alternatif pengganti gula yang bisa Anda pilih:

Stevia

Stevia adalah pemanis alami yang diekstrak dari daun stevia (stevia rebaudiana). Meskipun memiliki rasa yang sedikit berbeda dari gula, stevia diklaim jauh lebih manis dari gula.

Menurut riset yang dimuat di Journal of Nutrition, University of Oxford, stevia memiliki kandungan nutrisi dan fitokimia yang memiliki efek positif bagi kesehatan. Senyawa stevioside yang ada pada stevia, terbukti menurunkan tekanan darah, gula darah, dan kadar insulin.

Tagatose

Tagatose adalah salah satu bentuk fruktosa yang 90% lebih manis dari sukrosa. Meski sedikit, buah-buahan seperti apel, jeruk dan nanas mengandung tagatose alami. Industri melirik zat ini bukan hanya sebagai pemanis tapi juga sebagai stabilizer rendah dan penambah tekstur.

Beberapa riset menunjukkan, bahwa tagatose memiliki indeks glikemik rendah dan mampu membantu mengatasi kelebihan berat badan. Gula tagatose cocok untuk penderita diabetes yang menjalankan diet rendah GI. Sayangnya, harga gula tagatose masih terhitung mahal.

Sukralosa

Sukralosa adalah pemanis buatan yang terbuat dari sukrosa. Menurut data dari lembaga makanan Administrasi Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), sukralosa 600 kali lebih manis dari gula meja tapi mengandung sedikit kalori.

Sukralosa cukup populer sebagai pemanis makanan alternatif dan tersedia secara luas di pasaran. Beberapa produsen makanan sudah menggunakan sukralosa sebagai pemanisnya. FDA menyarakan konsumsi sukralosa sebanyak 5 mg/berat badan per harinya.

Perlu diingat bahwa, pemakaian pemanis alternatif ini juga tidak disarankan secara berlebihan. Seperti kebanyak nutrisi, dosis konsumsi yang wajar adalah kuncinya. (CW-02)

BACA JUGA: Kenali Tanda Tubuh Kelebihan Asupan Gula

  • Bagikan