22.4 C
Indonesia
Selasa, November 30, 2021

Olahraga Lebih Baik Pagi atau Malam? Ini Masing-masing Manfaatnya

ruber.id — Olahraga pagi atau malam. Berolahraga tentunya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Hanya saja, aktivitas yang padat membuat seseorang bingung memilih waktu melakukan olahraga.

Idealnya, untuk orang dewasa disarankan berolahraga 150 menit dalam 5 hari atau sekitar 30 menit sehari.

Tak jarang, orang yang tidak memiliki waktu olahraga di pagi hari memilih melakukannya di malam hari.

Sebagian orang pasti mengira bahwa olahraga paling sehat itu adalah ketika ada paparan cahaya matahari pagi, karena banyak memberikan tubuh kita vitamin D dan udara juga masih segar.

Salah seorang professor Ilmu Olahraga Terapan dari University of New England Lara Carlson Ph.D seperti dikutip WomensHealthMag.com mengatakan, olahraga pagi memiliki manfaat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan atau meningkatkan kesehatan.

BACA JUGA:  Awas! Jangan Duduk Terlalu Lama saat Bekerja, Ini Dampaknya

Ia mengatakan olahraga di pagi hari bermanfaat meningkatkan aktivitas fisik sehari-hari.

Olahraga pagi juga merevitalisasi metabolisme tubuh, sehingga kalori dalam tubuh akan terbakar lebih banyak.

Manfaat lainnya, tekanan darah pun bisa jadi lebih stabil dan jam tidur Anda di malam hari bisa lebih nyenyak.

BACA JUGA: Mual Setelah Berolahraga? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Selain itu, menurut Cedric Bryant, PhD dari American Council on Exercise, olahraga di pagi hari juga membantu Anda untuk membentuk kebiasaan berolahraga yang lebih konsisten.

Tetapi sebaiknya Anda melakukan pemanasan yang lebih lama karena suhu tubuh Anda relatif lebih rendah saat di pagi hari.

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles