EKBIS  

Jelang Right Issue, Bank bjb Genjot Beragam Inovasi Digital

Jelang Right Issue, Bank bjb Genjot Beragam Inovasi Digital
bjbDIGI merupakan salah satu inovasi digitalisasi dari bank bjb dalam rangka memberikan kemudahan bertransaksi digital. ruber.id

BERITA BISNIS, ruber.id – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb), siap melakukan aksi korporasi di kuartal pertama 2022. Berupa, right issue atau Penambahan Modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD I).

Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi mengatakan, aksi korporasi berupa right issue tersebut bertujuan untuk mendukung ekspansi kredit perseroan di tahun ini.

Right Issue untuk Memperkuat Permodalan Bank bjb

Yuddy mengatakan, rights issue merupakan langkah tepat, untuk memperkuat permodalan perusahaan.

Sehingga, dapat meningkatkan kemampuan penetrasi kredit perusahaan di tahun ini.

Skema right issue, dilakukan dengan harga yang akan ditentukan kemudian.

Selain itu, kata Yuddy, dengan mempertimbangkan penilaian harga wajar perusahaan.

Rencananya, saham baru yang akan dilepas dalam rights issue bank bjb adalah sebanyak-banyaknya 925 juta lembar saham seri B.

Atau setara dengan sebanyak-banyaknya 9,40% dari modal ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan.

Rencana rights issue ini, telah mendapat persetujuan dalam RUPS Tahunan pada 6 April 2021.

“Seluruh dana right issue setelah dikurangi dengan biaya emisi, akan digunakan seluruhnya untuk memperkuat struktur permodalan dalam rangka ekspansi kredit perseroan,” ujar Yuddy. Dalam siaran pers yang ruber.id terima, Rabu (2/2/2022).

Baca juga:  Pendapatan Pedagang Menurun Selama Pandemi Corona, Retribusi Pasar Tradisional di Pangandaran Diberhentikan

Sejatinya, sebelum melaksanakan right issue, bank bjb telah melakukan berbagai langkah inovasi, antara lain new digital payments.

Yaitu, fitur new DIGI dan DigiCash by bank bjb.

Lalu, softlaunching kolaborasi bank bjb dengan financial technology (fintech) e-commerce dengan nama E-Pays.

Peluncuran new digital payments ini, untuk mengoptimalkan layanan digital bank bjb kepada masyarakat serta pemerintah daerah.

Bank bjb, juga bekerjasama dengan lembaga fintech berkomitmen membangun ekosistem digital yang lebih masif.

Menurut Yuddy, inovasi dan kolaborasi merupakan kunci dalam memenangkan persaingan ke depan.

Oleh karenanya, dukungan layanan digital yang selama ini telah bjb lakukan perlu terus dioptimalkan.

Selain itu, terdapat kemudahan pembayaran melalui layanan digital bank bjb.

Yakni, berupa mobile banking, QRIS, uang elektronik, virtual account, internet banking corporate.

Kemudian, Agen Laku Pandai, serta produk-produk lainnya.

“Kami berharap, semuanya ini dapat mendukung program inklusi keuangan serta pembentukan ekosistem digital,” tegas Yuddy.

Baca juga:  Triwulan I 2022, bank bjb Catatkan Pertumbuhan Laba 28.6% YoY

New Digital Payments untuk Kemudahan Bertransaksi

Yuddy menjelaskan, new digital payments ini, memberikan kemudahan dalam bertransaksi.

Bank bjb, melalui uang elektronik bjb DigiCash dan dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan transaksi digital.

Ke depan, bank bjb juga akan terus melakukan berbagai inovasi teknologi sesuai dengan kapasitas bank bjb sebagai lembaga jasa keuangan.

Dengan bertransformasi dan berinovasi untuk menjadi penggerak dalam berkontribusi, menghadirkan kemajuan di seluruh penjuru negeri.

Menurut Yuddy, bank digital merupakan masa depan dari industri keuangan.

Sehingga, bank bjb perlu melakukan inovasi dan bertransformasi agar bisa bersaing di industri perbankan.

Di era digital, Yuddy meyakini, kolaborasi menjadi satu hal yang harus perbankan lakukan dalam mencapai visi dan misi perusahaan.

Perbedaan lokasi, jarak, dan waktu bukan menjadi penghambat aktivitas untuk berkolaborasi dan Cross Collaboration adalah momentumnya.

Bank bjb Lakukan Inovasi dan Pengembangan Digitalisasi

Yuddy mengatakan, bank bjb di tahun 2021 telah melakukan berbagai inovasi dan pengembangan digitalisasi.

Hal tersebut, berdampak pada pendapatan fee based income yang naik signifikan.

Baca juga:  Toyota Tak Gentar Hadapi Persaingan Mobil China

Tak terkecuali, dari kanal-kanal atau layanan digital yang semakin digandrungi.

Hal ini, kata Yuddy, tidak terlepas dari semakin luasnya ekosistem digital bank bjb yang tumbuh sepanjang tahun 2021.

Bahkan, pengguna aplikasi mobile bjb DIGI tumbuh eksponensial.

Selain itu, QRIS merchant bank bjb juga terus tumbuh positif.

Tak hanya itu, pengembangan terhadap pemberian fasilitas kredit berbasis digital melalui aplikasi Loan on Boarding juga tumbuh positif.

Seperti, aplikasi bjb Laku untuk segmen UMKM dan Kredit Mesra dan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Kemudian, bjb Koin untuk pembiayaan segmen konsumer ASN, dan pengembangan aplikasi pada segmen lainnya.

Hal tersebut, mendorong percepatan pertumbuhan ekspansi bisnis bank.

Inovasi yang dikembangkan sejalan dengan cita-cita bank bjb untuk menjadi Elite Bank pada 2025, sebagaimana tertuang dalam corporate plan yang telah disusun.

“Insya Allah, ke depannya seluruh aplikasi ini akan menjadi satu kesatuan dalam suatu Super Apps.”

“Hal ini, tidak lain adalah untuk memenuhi seluruh kebutuhan nasabah dalam satu aplikasi saja,” kata Yuddy.

Penulis/Editor: R003