Sabtu, 15 Agu 2020

Aneh, Bikin Heboh! Air Sumur Artesis di Sumedang Kota Rasa Asin

Baca Juga

Dikeroyok Geng Motor, Pemuda Cilembang Tasikmalaya Kritis

TASIKMALAYA, ruber.id - S, 22, pemuda asal Cilembang, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat diduga menjadi korban pengeroyokan geng motor, Minggu (1/3/2020)...

Awasi Pemudik dari Zona Merah, 93 Kades di Pangandaran Diminta Laporkan Data Perantau

PANGANDARAN, ruber.id - Derasnya arus mudik dari zona merah COVID-19 dikhawatirkan akan memperluas penyebaran penyakit yang disebabkan oleh virus Corona.

Milad ke-58 di Bulan Ramadan, Bank Jabar Banten Usung Tema BJB Berbagi

SUMEDANG, ruber -- Dalam rangkaian memperingati HUT yang ke-58, Bank Jabar Banten (BJB) menggelar buka puasa bersama 600 anak yatim piatu, dari 19 panti...

Yogie: Kini Tingkat Kelurahan di Sumedang Punya Anggaran seperti Dana Desa

SUMEDANG, ruber -- Untuk meningkatkan pembangunan yang berkeadilan dan merata, pemerintah kini telah memberikan perlakuan yang sama untuk pemerintahan tingkat kelurahan dalam sisi anggaran. BACA...

Aneh, Bikin Heboh! Air Sumur Artesis di Sumedang Kota Rasa Asin

SUMEDANG, ruber.id – Bikin aneh! Inilah yang dirasakan warga RT 04/06, Lingkungan Cipeuteuy Baru, Kelurahan Situ, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Keanehan ini, dirasakan warga saat sumur artesis yang baru selesai dibangun dan mulai dimanfaatkan warga memiliki rasa asin.

TONTON VIDEO LIPUTANNYA, VISIT: ruberTV on YouTube Channel

Padahal, Kabupaten Sumedang yang nppqotabene wilayah perbukitan dan pegunungan jauh dari laut.

Ketua RT 04/06 Edi Jubaedi, 56, menyebutkan, tidak mengetahui secara pasti penyebab air dari sumur artesis ini menjadi asin.

“Awal keluar air itu tidak berasa asin. Tapi selesai dibangun pertengahan Desember kemarin mulai kerasa asin,” ucapnya di lokasi, Jumat (17/1/2020).

Sebelumnya, Edi menduga airnya tidak tawar dan terasa asin karena pengaruh bahan-bahan material yang digunakan saat membangun sumur ini.

Namun, setelah dicek di labolatorium di Geologi Bandung kandungan air di sumur artesis ini memang memiliki rasa asin dan ber-PH tinggi yaitu mencapai 7 PH.

“Hasil lab-nya sudah keluar. Airnya memang mengandung rasa asin. Tapi katanya PH-nya itu tinggi, sangat bagus,” sebutnya.

Dengan begitu, kata Edi, air sumur artesis ini untuk sementara tidak bisa dikonsumsi untuk air minum.

Jadi untuk saat ini, airnya hanya bisa digunakan untuk mandi dan cuci saja. Kata Geologi, kala mau dikonsumsi untuk minum harus difilter terlebih dahulu, tapi itu juga harus diuji lab lagi hasil filternya.

Edi menambahkan, air sumur artesis ini ditampung di toren dengan kapasitas 5.300. Toren terisi penuh hanya dalam waktu 30 menit.

Sumur artesis adalah bantuan dari Kementerian ESDM sebagai solusi di saat musim kemarau tiba.

Edi berharap, nanti, air sumur bor ini bisa dikonsumsi juga, karena setiap kemarau itu di sini krisis air bersih.

“Jika ada solusi agar airnya bisa dikonsumsi, dari pihak manapun tentunya akan sangat membantu kami di sini,” ujarnya. (R003)

Baca berita lainnya: Fenomena Sumber Mata Air Asin di Wilayah Pegunungan Sumedang

Komentar

loading...

Artikel Terbaru

Hari Ini Ada 12 Warga Sumedang Positif Corona: 7 Tenaga Medis, 2 Situraja, Tomo, Ujungjaya, Rancakalong

SUMEDANG, ruber.id - Hari ini, Sabtu (15/8/2020), Kabupaten Sumedang, Jawa Barat kembali mencatatkan kasus baru pasien positif virus corona.

BPPSDMP Sebut Hasil Bumi di Pangandaran Tak Kalah Dengan Daerah Lain

PANGANDARAN, ruber.id - Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) RI Dedi Nursyamsi menyebut hasil bumi...

Sekolah Tatap Muka di Pangandaran Dimulai Awal September

PANGANDARAN, ruber.id - Pemkab Pangandaran, Jawa Barat berencana memulai kembali pembelajaran tatap muka di sekolah pada awal September 2020.

Dukung Program Bantuan Subsidi Upah Pemerintah, BPJAMSOSTEK Kumpulkan Rekening Peserta

JAKARTA, ruber.id - Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan akan memberikan subsidi kepada pekerja swasta yang telah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK.

Ujang Endin Indrawan Sebut Pelaku UMKM dan IKM di Pangandaran Pejuang Perekonomian

PANGANDARAN, ruber.id - Bakal calon wakil bupati Pangandaran Ujang Endin Indrawan sebut pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dan IKM (Industri...