23.4 C
Indonesia
Selasa, September 21, 2021
spot_img

La Nina, Waspada Hujan Lebat di Sumedang dan Wilayah Jawa Barat Lainnya

BERITA SUMEDANG, ruber.id – BMKG meminta masyarakat Indonesia waspada akan fenomena La Nina di Samudera Pasifik dengan intensitas sedang (moderate).

Menurut BMKG, pada fase awal La Nina atau dalam sepekan ke depan, hujan lebat akan melanda hampir seluruh wilayah Indonesia, termasuk wilayah Jawa Barat.

Khususnya hari ini, Senin (2/11/2020), BMKG mengeluarkan peringatan dini agar waspada hujan disertai angin kencang dan petir di sebagian wilayah Jawa Barat.

Seperti di Sumedang, Majalengka, Cirebon, Bogor, Depok, Bekasi, Karawang, Subang, dan Indramayu, pada siang hingga sore hari.

Terkait fenomena alam La Nina, hasil pemantauan BMKG terhadap indikator laut dan atmosfer menunjukkan suhu permukaan laut mendingin -0.5C hingga -1.5C, selama 7 dasarian terakhir (70 hari).

BACA JUGA:  Wisata Tubing di Desa Cipanas Sumedang Mulai Dilirik Wisatawan
BACA JUGA:  Gempa 5.3 Magnitudo Guncang Blitar, Terasa Hingga Cilacap

Hal ini diikuti oleh dominasi aliran zona angin timuran yang merepresentasikan penguatan angin pasat.

Bagi Indonesia, La Nina yang terjadi pada periode awal musim hujan ini berpotensi meningkatkan jumlah curah hujan di sebagian besar wilayah.

Dampak fenomena alam ini terhadap curah hujan di Indonesia tidak sama. Baik secara spasial maupun temporal, tergantung pada musim atau bulan, wilayah, dan kekuatan La Nina sendiri.

Selain pengaruh sirkulasi angin monsun dan anomali iklim di Samudera Pasifik, BMKG menyatakan penguatan curah hujan di Indonesia juga turut dipengaruhi oleh penjalaran gelombang atmosfer ekuator dari barat ke timur berupa gelombang MJO (Madden Julian Oscillation) dan Kelvin atau dari timur ke barat berupa gelombang Rossby.

BACA JUGA:  Gempa 5.3 Magnitudo Guncang Blitar, Terasa Hingga Cilacap
BACA JUGA:  Pengantin di Sumedang Ini Gerogi, yang Jadi Saksi di Pernikahan Keduanya Ternyata Bupati

Hasil analisis kondisi dinamika atmosfer terkini menunjukkan, adanya aktivitas MJO di atas wilayah Indonesia, yang merupakan kluster atau kumpulan awan berpotensi hujan.

Aktivitas La Nina dan MJO pada saat yang bersamaan ini, menurut BMKG, dapat berkontribusi signifikan terhadap pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia.

Berdasarkan kondisi ini, maka BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan akan terjadi peningkatan curah hujan, dengan intensitas lebat, yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang. (R003)

BACA JUGA: Prakiraan Cuaca BMKG Wilayah Jawa Barat: Waspada Hujan Ringan dan Angin Kencang-Petir

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles