Safari Ramadan yang digelar Pemkab Sumedang di Kecamatan Jatinunggal, Selasa (14/5/2019) malam. humas pemkab/ruang berita

SUMEDANG, ruber – Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan mengimbau pengelola warung nasi atau restoran, agar tidak berjualan secara terbuka di waktu siang.

Hal ini disampaikan dalam kegiatan Safari Ramadan Pemerintah Kabupaten Sumedang di Masjid Jami Nurul Huda, Desa Pawenang Kecamatan Jatinunggal, Wakil Bupati.

“Disarankan, mulai berjualan selepas waktu Ashar atau pukul 16.00. WIB,” sebut Erwan, Selasa (14/5/2019) malam.

Erwan juga mengimbau pengelola karaoke atau tempat sejenis, agar tidak menjalankan aktivitas usahanya itu selama bulan Ramadan.

“Warga sebaiknya meningkatkan silaturahmi, infak dan sodakoh, lebih peduli terhadap anak yatim, serta mengaktifkan semua masjid untuk melaksanakan solat lima waktu,” kata Erwan.

Safari Ramadan yang pertama ini mulai digelar secara serentak di 8 kecamatan berbeda. Pelaksana safari terbagi dalam 8 tim yang melibatkan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Sumedang serta para Kepala SKPD dan BUMD di lingkungan Pemkab Sumedang.

Pada kegiatan yang diawali dengan berbuka puasa bersama tersebut, Erwan juga menyampaikan bahwa esensi dari Safari Ramadan, yakni merekatkan tali silaturami, sebagaimana dianjurkan Rasulullah SAW.

Erwan juga mengimbau pada masyarakat Jatinunggal agar senantiasa menjaga kondusivitas dan kedamaian, serta merekatkan kembali tali persatuan setelah penyelenggaraan Pileg dan Pilpres 2019

“Siapapun pemenangnya, kita pasrahkan hasilnya pada aturan yang ada. Sebagai wujud syukur kita kepada Allah, mari kita jaga kedamaian dan keamanan, kita rekatkan kembali tali persatuan dan kesatuan bangsa” pungkas wabup. red