22.4 C
Indonesia
Selasa, Oktober 26, 2021
BJB KPRBJB KPRBJB KPR

Warga Desa Sukamulya Kabupaten Tasik Ubah ‘Galengan’ Jadi Jalan Baru

Warga Desa Sukamulya Kabupaten Tasik Ubah ‘Galengan’ Jadi Jalan Baru

TASIKMALAYA, ruber.id — Program Dana Desa yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya ternyata sangat membantu masyarakat warga pedesaan.

Misalnya saja di Desa Sukamulya. Setelah menerima dana desa tahap III sebesar Rp317 juta, sesuai perencanaan dan hasil musyawarah bersama, diputuskan difokuskan untuk infrastruktur.

Kepala Desa Sukamulya Akos Koswara mengatakan, dana desa salah satunya dipakai untuk pembuatan jalan lingkungan sepanjang 335 meter dengan lebar 1.2 meter di RT 1 RW 4 kampung Kohkol.

“Jalan tersebut benar-benar jalan baru, yang dulunya berupa ‘galengan’ sekarang sudah bagus, bisa dilewati kendaraan roda dua,” ujar Akos.

“Alhamdulillah terlihat perbedaan kampung tersebut dari sebelumnya. Masyarakat merasa senang. Pengerjaannya pun dengan swakelola, dimana masyarakat warga sekitar desa yang mengerjakannya.”

BACA JUGA:  Kapolsek: Jalur Mudik Rajapolah Tasikmalaya Zero Insiden

BACA JUGA: Jalin Sinergitas, Pemkot Tasik Adakan Pertemuan Kemitraan dengan Pers

Selain untuk infrastruktur, Akos menyebutkan pengalokasian dana desa untuk insentif kader kesehatan di Desa Sukamulya. Di antaranya posyandu dan desa siaga.

“Dan ada lagi satu pos anggaran untuk penyertaan modal Bumdes sebesar Rp100 juta,” ungkapnya.

Disinggung masalah surplus Bumdes, Akos mengaku belum bisa menjadi pades yang diharapkan. Pasalnya situasi dan kondisi terutama Desa Sukamulya merupakan desa transisi yang berdekatan dengan ibu kota kabupaten.

Meski demikian, Akos yang juga menjabat komisaris Bumdes bersyukur bisa menjalankan amanah warga desa, sehingga keberadaan Bumdes masih bisa dipertahankan. ayana

Related Articles

1 KOMENTAR

Comments are closed.

- Advertisement -

Latest Articles