21.4 C
Indonesia
Minggu, Oktober 17, 2021
BJB KPRBJB KPRBJB KPR

Tips jaga Kebugaran Tubuh Agar Tak Gampang Sakit, Nomor 1 dan 3 Sering Dianggap Sepele

Ilustrasi olahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. net/ruber.id

ruber.id — Setiap hari, kita dituntut untuk ekstra jaga kesehatan agar tidak terserang atau tertular penyakit. Baik itu di musim panas, hujan, atau pancaroba.

Sebenarnya, untuk jaga kebugaran dan kesehatan tubuh tidak terlalu sulit dilakukan, hanya saja mungkin kita yang kadang melupakan atau bahkan menyepelekannya.

Seperti tips jaga kesehatan berikut ini yang berhasil dirangkum ruber.id.

1. Banyak Mengonsumsi Air Putih

Anda pasti sudah tahu berapa gelas dalam sehari yang harus diminum untuk memenuhi kebutuhan tubuh agar tidak dehidrasi? Ya, jawabannya adalah sebanyak 8 gelas sehari atau setara dengan 2 liter air.

Sayangnya, meskipun Anda sudah tahu, masih saja sering lupa atau menganggap sepele untuk minum air putih. Mungkin hanya 4-5 gelas saja yang Anda minum.

Jika terus seperti itu, lama kelamaan tubuh akan mengalami dehidrasi, dan akan rentan terserang penyakit.

Padahal, air putih mampu meningkatkan metabolisme tubuh, serta mencegah tubuh terkena infeksi. Disarankan untuk membiasakan diri membawa tumbler untuk menyimpan air dan bawalah ke manapun Anda pergi. Selain ramah lingkungan, kebutuhan air harian pun terpenuhi!

BACA JUGA: Anak Kecanduan Ponsel? Coba Beberapa Cara Ini untuk Mengatasinya

2. Rutin Olahraga

Berolahraga selama 30 menit setiap harinya bisa membuat tubuh bugar. Kesehatan pun bisa terjaga dengan baik. Tidak harus olahraga yang berat, yang penting, Anda cukup bergerak setiap harinya sehingga badan tidak kaku dan mudah letih. Cobalah membiasakan olahraga paling tidak tiga kali seminggu.

BACA JUGA:  Kenali 7 Tanda Tubuh Kelebihan Asupan Gula

Olahraga bisa dimulai dengan melakukan stretching di pagi hari, atau di sore hari. Namun, bagi ibu rumah tangga, melakukan pekerjaan rumah juga dianggap sebagai olahraga, karena membakar kalori.

3. Rajin Mencuci Tangan

Sama halnya dengan minum air putih, mencuci tangan pun sering terlewatkan dan disepelekan. Mulai sekarang biasakan anak selalu mencuci tangan sebelum makan, setelah selesai bermain dan lainnya. Termasuk juga Anda dan keluarga lainnya.

Apabila rutinitas ini terus dilakukan, Anda dan keluarga akan terbiasa, sehingga bisa menghindarkan diri dari penyakit. Jangan lupa setelah mencuci tangan, keringkan dengan handuk kering, sebab kuman dan bakteri masih bisa menempel di tangan yang basah.

4. Mengonsumsi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna 

Untuk tips yang satu ini tentunya sudah diajarkan sejak dahulu. Anda disarankan mengonsumsi 4 sehat 5 sempurna? Sudah tahu dong menu apa yang masuk dalam kategori tersebut? Ya benar, nasi, sayur, lauk pauk, buah dan susu adalah formula baku dari 4 sehat 5 sempurna.

Nah, kelima makanan ini merupakan sumber karbohidrat, protein, vitamin, mineral, serta susu adalah pelengkap yang membantu jaga tubuh tetap kuat dan berenergi.

BACA JUGA:  Penyakit Jantung Koroner, Jangan Disepelekan

Anda bisa memasak setiap hari dan memastikan bahwa asupan makanan keluarga Anda adalah yang terbaik. Namun, hindari makanan ayng telah melewati proses pengolahan terlalu banyak, seperti makanan kemasan instan.

Karena, semakin banyak proses yang dilalui oleh bahan makanan, berarti semakin banyak zat aditif yang ditambahkan. Jika tidak diawasi dengan baik, tubuh akan rentan terhadap penyakit, terutama pencernaan.

5. Jaga Dapur Agar Tetap Bersih

Penunjang lainnya untuk kesehatan tubuh adalah menjaga agar dapur tetap bersih, sehingga makanan yang disajikan pun terjamin kebersihannya.

Maksud dapur di sini adalah Anda harus selalu menjaga peralatan masak tetap bersih bebas bakteri, begitu juga dengan perlengkapan makanan.

6. Cuci Buah, Sayur dan Bahan Makanan Lainnya 

Seperti yang disebutkan sebelum, makanan bisa bermanfaat untuk membentuk sistem kekebalan tubuh sehingga tidak gampang sakit. Buah-buahan, sayur dan lainnya sangat dibutuhkan.

Akan tetapi, berbagai bahan makanan tersebut tidak terjamin sepenuhnya bersih untuk langsung dikonsumsi. Untuk itu, biasakan juga untuk selalu mencuci bersih buah, sayur, dan bahan makanan lainnya sampai bersih hingga pestisida yang masih menempel atau bakteri yang ada di bahan makanan tersebut hilang.

Sehingga, makanan yang Anda masak akan jauh lebih sehat untuk dikonsumsi.

BACA JUGA:  Ini Segudang Manfaat Kunyit Putih bagi Kesehatan

7. Rutin Bersihkan Rumah 

Kebersihan rumah juga penting diperhatikan. Barang-barang di runah dapat menyimpan banyak debu, bakteri dan kuman yang bisa membuat kita lebih mudah sakit di musim pancaroba. Pastikan untuk selalu membersihkan rumah, karpet, lantai dan di perabotan.

8. Tidur di Waktu yang Tepat

Jangan terlalu sering begadang jika ingin tubuh Anda sehat dan bugar. Hindari lembur atau mengerjakan tugas sekolah maupun kuliah tanpa mengenal waktu.

Biasa begadang dapat menyebabkan masalah dan penyakit pada tubuh. Seperti masalah berat badan, melemahnya sistem ketahanan tubuh sehingga rentan terhadap penyakit jantung, diabetes, stroke, dan penyakit lainnya.

9. Istirahat yang Cukup

Bukan hanya waktu tidur yang harus tepat, Anda juga disarankan untuk istirahat yang cukup untuk jaga tubuh tetap sehat.

Pasalnya, sebuah penelitian menyatakan bahwa orang yang tidur delapan jam sehari memiliki tubuh yang lebih sehat ketimbang mereka yang tidur kurang dari itu.

Jadi, pastikan Anda dan keluarga istirahat dengan baik, tidak terlalu banyak main apalagi dengan gadget. Sempatkan waktu untuk tidur walaupun sejenak.

Nah, bagi Anda yang ingin jaga kesehatan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit di musim pancaroba ini, silakan untuk melakukan tips ini. Yuk, kita mulai dari sekarang. red

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles