22.4 C
Indonesia
Selasa, Oktober 26, 2021
BJB KPRBJB KPRBJB KPR

Mandi Bikin Segar, Tapi Ada Aturannya Lho Agar Tak Mengganggu Kesehatan Seperti Berikut Ini

Ilustrasi mandi air panas dengan pancuran. net/ruber.id

ruber.id — Mandi dipercaya dapat menyegarkan dan merepaksasi tubuh. Tentunya banyak lagi manfaat mandi yang seringkali diungkap tetapi.

Namun, ada beberapa kesalahan yang dilakukan oleh kita dalam menjalankan rutinitas saat mandi. Alhasil, bukan menyegarkan dan menyehatkan, melainkan sebaliknya.

Beberapa kesalahan tersebut tanpa disadari sering dilakukan. Apa saja kesalah-kesalahan itu, berikut ulasannya seperti yang berhasil dihumpun ruber.id.

Pertama adalah suhu air. Hal ini tidak bisa dianggap sepele. Sebaiknya, jika sedang musim panas, mandilah dengan air dingin atau sesuai suhu ruangan. Sementara di musim dingin, mandi dengan air terlalu panas juga tidak terlalu baik.

BACA JUGA: Tips Menjaga Kebugaran Tubuh Agar Tak Gampang Sakit, Nomor 1 dan 3 Sering Dianggap Sepele

Berdasarkan informasi dari pengobatan Ayurveda, saat musim dingin, mandi sebaiknya dengan air yang tidak terlalu panas dan gunakan air yang sama dengan suhu ruangan untuk mencuci rambut. Alasannya, mandi dengan air panas kemungkinan akan merusak mata dan rambut.

Sementara dari segi kesehatan, air panas dapat membuat kulit menjadi sangat kering. Bahkan, keramas dengan air panas juga dapat menimbulkan ketombe dan rambut kusut.

Selanjutnya, perhatikan pemakaian sampo dan kondisioner, karena itu juga akan membuat rambut menderita.

Beberapa penelitian menyarankan penggantian sampo haruslah berdasarkan pertimbangan. Di antaranya perubahan musim, perubahan diet, atau penggunaan produk kimia yang mempengaruhi perawatan medis yang sedang dijalankan. Anda disarankan memakai sampo dan kondisioner yang ringan.

Selain itu, hindari menggunakan cairan pembersih tubuh atau sabun terlalu banyak. Hal ini karena tak jarang seseorang menuangkan cairan pembersih dalam genggaman tangan hanya untuk membersihkan satu bagian tubuh saja karena ingin ada busa banyak saat diusapkan.

Hal itu dapat mengelupaskan minyak alami tubuh dan membuat kulit gatal dan kering. Anda juga terancam mengalami penyakit kulit seperti eksim.

Anda juga harus membersihkan sabun sampai bersih atau terasa kasat. Jangan pernah berpikir jika masih licin itu bisa jadi pelembab karena anggapan itu salah.

Bersihkan busa sabun sampai benar-benar bersih agar tidak menyebabkan iritasi kulit.

Apabila Anda mandi melalui pancuran, perhatikan durasinya. Pasalnya, terlalu lama mandi dengan air pancuran juga akan menyebabkan ruam dan gatal. Waktu maksimal untuk mandi dengan air pancuran adalah 10 menit.

Terakhir, setelah selesai mandi dan mengeringkannya dengan handuk, tidak perlu menggosok tubuh dengan keras atau kasar. Hal tersebut dapat menyebabkan bulu rambut di tubuh rontok dan juga iritasi kulit.

Kemudian, jangan membiasakan membungkus rambut dengan handuk dalam waktu yang terlalu lama, karena ini dapat membuat rambut rontok.

Nah, setelah membaca ulasannya, apakah masih ada kebiasaan yang sering Anda lakukan yang dapat mengganggu kesehatan? Kalau masih, hentikan dari sekarang ya. red

Related Articles

1 KOMENTAR

Comments are closed.

- Advertisement -

Latest Articles