Monday, 25 May 2020

Waspadai Baby Blues Setelah Melahirkan Akibat Kelelahan

Baca Juga

Baru 20 Hari Hirup Udara Bebas, Agus Pilih ‘Kembali’ ke Penjara

PANGANDARAN, ruber - Agus Sisworo (39), warga Narasoma, Kelurahan Purbalingga Wetan, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, kembali harus mendekam di penjara. Padahal Agus, belum satu...

Libur Lebaran, Kebun Bunga Begonia Lembang Dipadati Pengunjung

BANDUNG BARAT, ruber – Memasuki H+2 Lebaran 2019, Kebun Bunga Begonia di Jalan Maribaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat dipadati pengunjung, Jumat (7/6/2019). Dilansir ruber dari...

Konsultasi LKPJ TA 2018, DPRD Pangandaran Kunjungi Bappeda Jabar

PANGANDARAN, ruber -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pangandaran melakukan kunjungan ke kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Barat. Kunjungan tersebut dalam...

Ajak 3 Istrinya Saat Pelantikan, Anggota DPRD Ini Tuai Pujian

ruber.id -- Anggota DPRD Luwu Utara, Sulsel, Andi Sukma, mengajak serta ketiga istrinya saat acara Pelantikan Anggota DPRD Periode 2019-2024. Foto wakil rakyat dari Hanura...

KELELAHAN menjadi penyebab seorang perempuan mengalami baby blues setelah melahirkan. ilustrasi/ruber.id

Waspadai Baby Blues Setelah Melahirkan Akibat Kelelahan

ruber.id — Bagi pasangan yang baru saja memiliki momongan, tentunya sudah tak asing lagi dengan istilah baby blues. Istilah ini sering disamakan dengan keadaan ibu yang stres berat atau depresi setelah melahirkan.

Saat ini, risiko baby blues ternyata tidak hanya dialami ibu muda yang baru punya anak satu, tetapi juga dialami ibu-ibu dengan dua bahkan tiga anak lebih di hidupnya.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun ruber.id dijelaskan bahwa baby blues merupakan kondisi di mana ibu mengalami perubahan psikologis setelah melahirkan.

Pada kasus ini, kemungkinan besar seorang ibu mengalami perubahan suasana hati mendadak, merasa sangat tidak bahagia, merasa apa yang ia lakukan selalu salah, sangat sedih, cemas, pikirannya tidak jelas, merasa tidak sabar, mudah tersinggung, panik hingga kesepian.

BACA JUGA: Penyebab Menstruasi Terlambat, Mulai Stres hingga Penyakit Kronis

Sejumlah ahli mengungkapkan ada banyak hal yang menjadi penyebab baby blues, salah satunya adalah kelelahan saat mengasuh bayi baru melahirkan. Terlebih, itu adalah anak pertama atau untuk pertama kalinya.

Para suami harus tahu bahwa kehamilan selama 9 bulan ditambah proses persalinan yang tidak mudah seringkali membuat perempuan merasa sangat lelah.

Jika kondisi tersebut ditambah aktivitas di mana ia harus mengasuh bayinya yang baru lahir seorang diri, tentunya ini akan menambah rasa kelelahan yang ada.

Apalagi jika bayinya tidak bisa minum ASI dengan baik, bayi rentan rewel di malam hari dan masih banyak aktivitas lainnya.

Selin itu, tak adanya dukungan dari suami, orangtua juga mertua serta keluarga besar akan meningkatkan risiko baby blues menyerang ibu yang baru melahirkan.

Bukan hanya itu, adanya perubahan hormon dalam tubuh dan perubahan bentuk tubuh setelah melahirkan juga menjadi penyebab paling sering dari risiko baby blues.

Namun, perempuan yang rentan berpikir dan cemas akan segala sesuatu dipercaya sangat mungkin mengalami baby blues setelah ia melahirkan.

Karena itu, untuk menghindari risiko itu, perlu pendampingan dari suami, keluarga dan orang-orang di sekitarnya. Buat perempuan untuk lebih tenang dan sabar apapun yang terjadi setelah melahirkan.

Bagi Anda para suami, sudah jelas kan apa saja penyebab istri Anda atau para perempuan mengalami baby blues. So, mulai sekarang, berikan perhatian dan support ekstra kepada istri Anda, terlebih yang baru melahirkan. red

loading...

Komentar

Artikel Terbaru

Update Corona Pangandaran: 5 Orang Kontak Erat Dites Swab, 1 Pemudik Reaktif Rapid Test

PANGANDARAN, ruber.id - Tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat telah melakukan tracing kasus COVID-19. Hal itu menyusul...

Kasus Corona di Garut Terus Bertambah, Total 2585 ODP

GARUT, ruber.id - Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Garut, Jawa Barat merilis adanya tambahan 4 kasus baru ODP.

Korlesting Listrik, Ambulans di Tanjungsari Ludes Terbakar

TANJUNGSARI, ruber.id - Mobil ambulans yang sedang diperbaiki di Dusun Lanjung RT 01/06, Desa/Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang ludes terbakar.

Rumah Pensiunan asal Sumedang Utara Nyaris Ludes Terbakar

SUMEDANG UTARA, ruber.id - Dapur rumah milik Wahyu, 74, di Dusun Kebon Kalapa RT 01/05, Rancamulya, Sumedang Utara, Sumedang ludes terbakar.

Hari Lebaran, Pangandaran Digoyang Gempa 5.1 Magnitudo

PANGANDARAN, ruber.id - Bertepatan dengan hari raya Idul fitri 1441 Hijriyah, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat kembali digoyang gempa, Minggu (24/5/2020).