22.4 C
Indonesia
Rabu, Desember 1, 2021

Sumedang Kini Punya Bus Tampomas untuk Jelajahi Objek Wisata

SUMEDANG, ruber.id – Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir. Meresmikan pengoperasian Bus Trans Moda Pariwisata Masyarakat Kota Sumedang (Tampomas). Bus Tampomas ini diresmikan di halaman Gedung Negara, Sumedang, Jawa Barat, Selasa (29/1/2019).

Bus Tampomas yang panjangnya mencapai kurang lebih 8 meter dan lebar 2 meter ini. Dioperasikan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan. Untuk menjelajahi sejumlah objek wisata andalan di Kabupaten Sumedang.

Didampingi Pemandu Wisata

Selain dioperasikan oleh sopir andal, di dalam Bus Tampomas ini juga melibatkan pemandu wisata. Yang bertugas memberikan penjelasan kepada wisatawan seputar sejarah, tempat wisata dan hal lannya mengenai Sumedang.

“Alhamdulilah saya bersyukur karena city tour keliling kota ini bisa di-launching. Mudah-mudahan ini bisa menambah hiburan dan wisata bagi masyarakat Sumedang. Ini juga menjadi bagian untuk mengembangkan pariwisata di Sumedang. Dan juga mengenalkan sejarah kepada para wisatawan,” ujar Dony, Selasa (29/1/2019).

BACA JUGA:  Malam Takbiran di Jatinangor: Tidak Ada Takbir Keliling, Ratusan Kendaraan Diputar Balik

Walaupun baru satu unit bus wisata Tampomas, lanjut Dony, kehadirannya diharapkan mampu mendongkrak sektor pariwisata Sumedang.

“Yang terpenting adalah bagaimana merepresentasikan bus Tampomas ini. Bisa menjadi transportasi wisata Sumedang. Termasuk, beberapa spot wisata yang akan dilalui. Penentuan waktu tempuh, dan berhentinya. Serta dikemudikan oleh sopir profesional dan pemandu yang juga profesional,” terangnya.

Bupati Rasakan Langsung Sensasi Wisata Keliling Kota

Saat menjajal Bus Tampomas berkeliling, masyarakat dibuat terpukau oleh interior. Dan juga, eksterior bus yang berbeda dari biasanya. Terlebih, bus ini tidak terlihat terlalu besar dan sengaja dioperasikan dengan kecepatan rendah.

“Wisatawan bisa menikmati pemandangan Sumedang kota dengan bus terbuka. Mereka juga akan dibawa ke sejumlah titik. Mulai dari sekitar lingkungan Ketib menuju Taman Endog bisa selfie setengah jam atau belanja di pasar kota. Lalu menuju ke Alun-alun setengah jam berhenti.”

BACA JUGA:  Jeruk Lemon Sumedang Bisa Dikembangkan Layaknya Agrowisata Malang

“Kemudian masuk ke museum atau Gedung Negara, dan belakang empang. Dan dari situ bisa ke Makam Cut Nyak Dien. Lalu menuju Tahura Gunung Kunci, dan terakhir ke lokasi Tampomas Green Park di Cimalaka,” ucapnya.

Akan Dibuka Rute Lainnya

Sementara itu, Ketua Organda Sumedang, Dicky Suharto mengatakan, ke depannya selain rute di kawasan perkotaan. Bus ini juga akan mempunyai rute khsus objek wisata unggulan seperti Jatigede. Kemudian Citengah-Cisoka, maupun tempat wisata lainnya.

“Jadi nanti kalau betul-betul sudah dibuka untuk umum. Ada rute khusus, satu hari satu objek wisata,” sebut Dicky.

Namun demikian, untuk sekali naik bus Tampomas, organda masih belum bisa menentukan tarifnya.

BACA JUGA:  Disdik Sumedang: Tragedi Susur Sungai SMPN 1 Turi, Jangan Malah Membatasi Kreativitas Pelajar

“Lagi dibahas, karena kita nunggu Perbup-nya dulu. Tapi secepatnya Insya Allah akan segera ditindaklanjuti. Adapun berkaitan dengan angkutan umum lainnya. Ini sudah disosialisasikan ke semua KKU se-Kabupaten Sumedang yang berjumlah 32 KKU,” jelasnya. (Arsip ruber.id)

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles