21.4 C
Indonesia
Kamis, Juli 29, 2021
spot_img

Speedometer Motor Sunburn, Ini Penyebab dan Cara Merawatnya

BERITA OTOMOTIF, ruber.id – Sebagai petunjuk beberapa informasi penting, speedometer menjelma menjadi komponen vital pada sepeda motor. Khususnya pada kendaraan roda dua yang sudah dilengkapi dengan injeksi.

Beragam informasi ditunjukkan oleh speedometer. Seperti skala bensin, bahkan kode atau pemberitahuan motor bermasalah juga ditunjukkan oleh speedometer ini.

Melihat besarnya peran speedometer ini, tentu saja kita sebagai pemilik motor harus mempunyai rasa waspada agar alat pengukur laju kendaraan kita tidak mengalami kerusakan.

Kerusakan yang sering terjadi pada speedometer adalah sunbrun. Speedometer yang sudah tidak jelas akibat terbakar panas sinar matahari itu memang kerap mengganggu.

Tak sedikit orang memilih melakukan spekulasi ketika speedometernya tidak terlihat. Hal ini tentu akan sangat berbahaya bagi sepeda motor yang sudah dilengkapi mesin injeksi.

BACA JUGA:  Trik Cantik Putar Balik Mobil Tanpa Membahayakan Diri Sendiri
BACA JUGA:  Perhatikan Ini, Lampu Mobil Dimodifikasi Bisa Mengakibatkan Kebakaran

Spekulasi tidak sepenuhnya tepat. Nah alangkah baiknya kita merawat speedometer ketimbang melakukan spekulasi tersebut. Akan sangat riskan jika alat itu mengalami sunbrun.

Apalagi speedometer motor kita sudah menganut aliran digital. Tentu semakin riskan apabila kita tidak merawatnya dengan baik.

Cara Merawat Speedometer Motor

Kita sebaiknya menerapkan cara ini agar speedometer motor kita tetap awet dan bisa digunakan seterusnya. Alangkah baiknya menghindari hal-hal yang tidak pasti, seperti spekulasi.

Terutama pengendara motor yang sudah memakai mesin injeksi. Sekali saja salah spekulasinya, tak tanggung-tanggung mesin motor yang akan menjadi korbannya.

Cari Tempat Parkir Teduh
Pertama hal yang harus kita lakukan adalah mencari tempat parkir yang senantiasa teduh.

BACA JUGA:  Ini Penyebab Pedal Kopling Mobil Keras dan Berat

Bagi pekerja yang mengendarai motor sebaiknya memarkirkan kendaraannya di tempat yang teduh. Agar motor tidak berkontak langsung dengan sengatan matahari.

BACA JUGA:  Mengenal Trik Bersihkan Grill Mobil Sendiri di Rumah

Seringnya speedometer mengalami sunburn adalah kerapnya motor berkontak langsung dengan sinar matahari di lapangan luas.

Tempelkan Scotlite Hitam Transparan
Jika memang sulit pergi harus mencari parkir yang teduh, kita bisa mencoba cara lain. Seperti menempelken scotlite hitam transparan pada speedometer.

Dengan stiker tersebut speedometer akan terhindar dari sengatan panasnya matahari secara langsung. Menempelkan stiker menjadi alternatif lain.

Karena, tidak semua tempat menyediakan tempat parkir yang mumpuni dan standar. Bahkan sering kita temukan tempat parkir yang berada di lapangan, tanpa atap sama sekali.

BACA JUGA:  Perhatikan Ini, Lampu Mobil Dimodifikasi Bisa Mengakibatkan Kebakaran

Kedua cara tersebut bisa kita lakukan agar speedometer tetap awet dan tidak mengalami kerusakan. Sehingga kita tidak perlu melakukan spekulasi yang membahayakan mesin motor kita sendiri. (CW-006/khairul anam)

BACA JUGA: Ban Depan Mobil Cepat Gundul, Kenapa?

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles