21.4 C
Indonesia
Rabu, Juli 28, 2021
spot_img

Ban Depan Mobil Cepat Gundul, Simak Penjelasannya

BERITA OTOMOTIF, ruber.id – Ban depan mobil lebih cepat gundul ketimbang ban belakang. Permasalahan ini kerap menghantui setiap pengguna maupun pemilik mobil.

Padahal kedua ban tersebut dibeli atau diganti dalam waktu yang bersamaan.
Permasalahan ban lebih cepat botak merupakan permasalahan yang tidak bisa dianggap enteng.

Ban merupakan satu-satunya komponen yang paling keras bekerja. Karena bersentuhan langsung dengan jalanan setiap kali digunakan. Akibat yang akan ditanggung dari permasalahan ini begitu berat.

Seperti mobil selip dan tergelincir saat hujan, merupakan risiko yang mengerikan, yang ditimbulkan oleh ban mobil yang tak merata. Dengan menganut konsep di dunia tidak ada yang abadi, tentu Anda akan sering memperhatikan ban mobil milik Anda.

BACA JUGA:  Ini Efeknya Bila Tekanan Ban Mobil Kelebihan atau Kekurangan
BACA JUGA:  Kencangkan Mur Roda Mobil Ada Caranya, Begini Nih yang Benar

Karena lapisan ban akan berkurang seiring berjalannya waktu. Lalu kenapa sih ban mobil depan lebih mudah gundul atau botak ketimbang ban mobil belakang?

Banyak faktor yang mengakibatkan kenapa ban depan mudah sekali botak. Salah satunya sikap pengemudi. Sikap pengemudi memang dituntut untuk bijaksana.

Ban Depan Paling Keras Bekerja

Bijaksana di sini memiliki arti dapat mengontrol emosi, mempunyai insting dan feeling. Serta mengetahui mana yang sebaiknya dilakukan dan mana yang tidak, saat mengemudi.

Memang sih kesalahan ini tidak sepenuhnya diakibatkan oleh faktor pengemudi. Ada juga faktor lain seperti tekanan udara ban terlalu tinggi, muatan mobil yang ditanggung serta kondisi kaki-kaki mobil.

BACA JUGA:  Kencangkan Mur Roda Mobil Ada Caranya, Begini Nih yang Benar

Anda tidak bisa menyalahkan apa-apa perihal ban mobil depan terlalu cepat aus. Karena ban bagian depan lah yang paling keras bekerja. Selain itu juga digunakan untuk berbelok, menarik dan bahkan menjadi tumpuan utama ketika mengerem.

BACA JUGA:  Ini Efeknya Bila Tekanan Ban Mobil Kelebihan atau Kekurangan

Selain itu, ban depan juga berfungsi sebagai pengarah ke mana mobil melaju. Karena tempatnya di depan, ban tersebut memiliki kontrol yang tinggi dan tanggung jawab yang besar untuk mobil yang sedang dikendarai.

Dari situ tentu kita dapat menilai ban depan lebih sering bekerja ketimbang ban belakang, yang hanya mengikuti gerakannya saja.

Nah agar mengemudi mobil lebih nyaman dan tidak ingin mengalami hal-hal yang kurang menyenangkan, alangkah baiknya Anda senantiasa mengecek ban dan menggantinya secara berkala. (CW-006/khairul anam)

BACA JUGA:  Ini Efeknya Bila Tekanan Ban Mobil Kelebihan atau Kekurangan

BACA JUGA: Ini Trik Jitu Merawat Jok Motor Agar Tetap Awet

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles