21.4 C
Indonesia
Senin, November 29, 2021

Seru, Begini Cara Warga Tuguraja Tasikmalaya Munggahan

BERITA TASIKMALAYA, ruber.id – Acara munggahan menyambut bulan Ramadan, Warga Kelurahan Tuguraja, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya mengisinya dengan mancing bareng di sungai Cikalang, Sabtu (10/4/2021).

Sebelumnya, lima bulan yang lalu, warga menanam benih ikan di sungai yang melintasi wilayah tersebut.

Acara mancing di sungai tersebut digagas KPAB bersama warga yang peduli sungai. Kegiatan mancing bareng di sungai Cikalang yang dikaitkan dengan acara Munggahan tersebut juga didukung oleh para tokoh masyarakat Kota Tasikmalaya, di antaranya Asep Cemih, Asep Sepadan, Dedi Sepadan dan Acong AP.

Usai acara, kepada ruber.id, Yudi Rusmayadi, penggagas kegiatan mengatakan, untuk menghasilkan ikan yang bagus maka sungainya harus dibersihkan dulu.

BACA JUGA:  Di Depan Warga Garut, Jokowi Pastikan Pembangunan Tol Cigatas Dimulai Tahun Ini

“Agar ikan yang kita tanam bisa berkembang dengan baik maka kita bersihkan dahulu sungainya. Di antara benih ikan yang kita tanam tersebut diantaranya, ikan mas sebanyak 56 kg kemudian ikan mujair dan nila sebanyak 30 kg,” ujar Yudi.

Yudi Rusmayadi, sebagai penggagas kegiatan berharap ke depan kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan warga sekitar sungai Cikalang.

“Kami berharap, dengan kegiatan ini kesadaran warga akan tumbuh. Dengan begitu warga akan peduli untuk menjaga kelestarian sungai agar tetap bersih bebas sampah dan limbah,” ungkap Yudi Rusmayadi, yang jadi penggagas kegiatan Munggahan ini.
(indra)

BACA JUGA: Limbah Kain Jadi Celana Dalam, Pasarnya Tembus Luar Negeri

BACA JUGA:  Dalam Sehari, Dua Rumah Terbakar di Mangkubumi Tasikmalaya

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles