21.4 C
Indonesia
Minggu, Oktober 17, 2021
BJB KPRBJB KPRBJB KPR

Punya Persediaan Obat di Rumah? Perhatikan Cara Menyimpannya yang Benar

SALAH satu contoh wadah atau kotak penyimpanan obat di rumah. net/ruber.id

Punya Persediaan Obat di Rumah? Perhatikan Cara Menyimpannya yang Benar

ruber.id — Biasanya, orang tua terutama ibu selalu mempunyai persediaan obat di rumah. Hal itu agar ketika salah satu anggota keluarganya sakit bisa langsung memberikan pertolongan pertama.

Obat-obatan yang disediakan juga biasanya obat ringan, seperti penurun panas, flu, batuk, pilek, sakit kepala, sakit badan, obat lambung hingga antibiotik.

Ketika ada yang sedang sakit, akan sangat merepotkan apabila kita harus keluar rumah untuk pergi membeli obat di apotek terdekat, ditambah lagi apabila saat itu cuaca sedang tidak bersahabat.

Jika Anda salah satu yang memiliki persediaan obat, ketahui cara menyimpan obat yang benar. Jangan asal menyimpan obat agar tidak rusak. Berikut cara penyimpanan obat yang benar berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun ruber.id.

Pertama, Anda harus menyediakan wadah penyimpanan obat dan pilah-pilah obat menurut jenisnya, untuk memudahkan ketika kita mencarinya.

Setelah itu simpan obat dalam kemasan asli dan dalam wadah tertutup rapat. Simpanlah pada suhu kamar dan terhindar dari sinar matahari langsung atau seperti yang tertera pada kemasan.

Obat juga harus disimpan di tempat yang tidak panas atau tidak lembab karena dapat menimbulkan kerusakan.

BACA JUGA: Jangan Panik Saat Anak Demam, Kenali Gejala, Penyebab dan Pengobatannya

Jika ada obat bentuk cair, jangan menyimpannya dalam lemari pendingin agar tidak beku, kecuali jika tertulis pada etiket obat.

Jangan lupa periksa kondisi obat secara rutin. Apabila sudah kadaluarsa atau rusak, segera buang.

Terakhir, penyimpanan obat di rumah harus jauh dari jangkauan anak-anak. Anda pun sebaiknya rutin membersihkan wadah atau kotak tempat penyimpanan obat. red

Related Articles

1 KOMENTAR

Comments are closed.

- Advertisement -

Latest Articles