22.4 C
Indonesia
Selasa, November 30, 2021

Puluhan Anak di Tasikmalaya Ikuti Fun Hiking

BERITA TASIKMALAYA, ruber.id – Sebanyak 29 orang anak berusia 1-10 tahun mengikuti kegiatan di alam bebas melalui Fun Hiking for Kids di kawasan wisata alam, di Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (21/11/2021).

Di lokasi, puluhan anak ini belajar mengenal flora, fauna, cuaca hingga fenomena-fenomena alam.

Fun hiking ini merupakan gagasan Komunitas Berani Tasikmalaya, Mekarwangi, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya.

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kebugaran fisik, stimulasi saraf sensorik, hingga pendidikan karakter.

Dalam fun hiking juga, pembimbing menempa anak-anak untuk menjadi mandiri, pantang menyerah, percaya diri, menghargai sesama, dan bersyukur.

Selain itu, fun hiking juga bertujuan untuk menambah pengalaman anak, menambah wawasan, dan memupuk rasa cinta terhadap alam serta lingkungan.

BACA JUGA:  Pemkab Pangandaran Serius Garap Potensi¬†Geopark

Ketua pelaksana kegiatan Murti Widyaningsih menjelaskan, bermain merupakan salah satu sifat naluriah anak.

Hal tersebut sudah menjadi aktivitas dalam kesehariannya. Dalam kegiatan bermain terdapat sebuah tindakan sederhana untuk mengeksplorasi dan mengekspresikan dirinya.

Murti menuturkan, banyak manfaat yang anak dapatkan dari bermain. Khususnya, untuk tumbuh kembang sang buah hati.

“Manfaat tersebut salah satunya adalah untuk mengoptimalkan kecerdasan anak secara natural. Kecerdasan naturalis anak adalah kemampuan untuk mengidentifikasi,” tutur ibu satu anak itu.

Murti menambahkan, kegiatan bertajuk Mengoptimalkan Kecerdasan Naturalis Anak dengan Bermain di Alam Terbuka ini untuk mengoptimalkan kecerdasan anak. Memahami fungsi dan manfaat alam bagi manusia dan sebaliknya.

“Kepekaan anak terhadap keadaan sekarang kurang terstimulasi. Salah satu cara men-stimulasinya yaitu dengan mengajak anak bermain di alam terbuka seperti ini,” jelas Murti.

BACA JUGA:  Basarnas Bandung Latih Potensi SAR Teknik Pertolongan di Ketinggian di Tasikmalaya

Pada fun hiking itu juga, puluhan anak di Tasikmalaya ini juga belajar berjalan di alam terbuka, pengenalan tumbuhan, hingga small eksperimen tentang tumbuhan.

Selain itu, mereka juga mengikuti permainan parenting session, mini shower climbing (Memanjat air terjun), tubbing, dan main di sungai.

Penulis: Andy Kusmayadi/Editor: R003

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles