Ponpes Nurul Firdaus, Pondok Pesantren Modern di Jawa Barat

Ruber id gumilar
Ruber id gumilar

CIAMIS, ruber.id — Pondok pesantren atau Ponpes Nurul Firdaus, berkomitmen menjadi pondok pesantren modern di Jawa Barat.

Pondok pesantren asuhan Dr. Gumilar, S. Pd., MM., Ch., CHt., pNNLP ini merupakan pesantren sekaligus sekolah yang sudah memiliki Standar Nasional Pendidikan (SNP).

BACA JUGA:

Gangguan Kejiwaan Bipolar: Kenali Gejalanya, Obati di Ponpes Nurul Firdaus Ciamis

Pondok pesantren yang berlokasi di Dusun Panoongan, Desa Kertaraharja, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis ini pun berkomitmen menjadi Ponpes modern unggulan di Jawa Barat.

“Pondok pesantren adalah pendidikan tradisional. Di mana para siswa atau santrinya, tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan guru. Atau yang lebih dikenal dengan sebutan kiai dan mempunyai asrama untuk tempat menginap para santri,” kata Gumilar kepada ruber, Senin (9/9/2019).

Baca juga:  Semarak Hari Santri di Ciamis, Pawai Jalan Kaki Hingga Botram Nasi Liwet

Gumilar menyebutkan, santri Ponpes Nurul Firdaus berada dalam kompleks yang juga menyediakan masjid untuk beribadah, ruang untuk belajar, dan kegiatan keagamaan lainnya seperti halnya Ponpes lain.

Gumilar menuturkan, Ponpes Nurul Firdaus juga dapat dipahami sebagai lembaga pendidikan dan pengajaran agama.

Di mana pada umumnya, dengan cara nonklasikal, yaitu seorang kiai mengajarkan ilmu agama Islam kepada santri-santri berdasarkan kitab yang ditulis dalam bahasa Arab oleh ulama abad pertengahan.

Dan para santrinya, umumnya tinggal di pondok (asrama) dalam pesantren tersebut.

“Yang pasti, kehadiran Ponpes Nurul Firdaus akan mampu menjawab tantangan pendidikan generasi muda mendatang,” sebutnya.

Gumilar menyatakan, bagi orang tua yang berkeinginan keluarganya sekolah sambil mengenyam pendidikan agama di pesantren
terbaik dan unggul di Jawa Barat, Pondok Pesantren Nurul Firdaus bisa menjadi pilihan tepat.

Baca juga:  Juara Umum Pramuka Priangan Timur, SMPN 1 Cihaurbeuti Ciamis Diganjar Kambing

Sebagai Pimpinan Umum Ponpes Nurul Fidaus, kata Gumilar, ia akan selalu berusaha membina, mendidik, mengarahkan dan mengatur ketersediaan layanan pendidikan pesantren dan sekolah di bawah naungan Yayasan Hypatia Pawanteh.

“Yayasan kami mencakup Pondok Pesantren Nurul Firdaus; Rudhatul Athfal atau RA Nurul Firdaus; Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD Nurul Firdaus; Sekolah Menengah Pertama atau SMP Nurul Firdaus; Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK Prodi Farmasi Nurul Firdaus; dan Pesantren Rehabilitasi Mental,” sebutnya.

Tentunya, lanjut Gumilar, sekolah sambil menimba ilmu agama di pesantren ini menjadi harapan semua orang tua.

Untuk itu, sekolah dan Ponpes Nurul Firdaus menjadi pilihan tepat karena semuanya sudah memiliki Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Baca juga:  Jelang Pemilu 2019, Anggota Korpri Ciamis Diingatkan Jaga Sikap

Yaitu, kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Republik Indonesia.

Di mana, Standar Nasional Pendidikan terdiri dari Standar Kompetensi Lulusan; Standar Isi; Standar Proses; Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan.

Lalu, Standar Sarana dan Prasarana; Standar Pengelolaan; Standar Pembiayaan Pendidikan; dan Standar Penilaian Pendidikan.

“Saat ini Pondok Pesantren Nurul Firdaus sudah mampu menjawab tantangan pendidikan generasi muda mendatang,” ucapnya.

Jadi, kata Gumilar, jika Anda memiliki anak yang memilih sekolah sekaligus pesantren, maka Ponpes Nurul Firdaus menjadi pilihan terbaik.

“Untuk informasi pendaftaran sekolah sambil menimba ilmu di Ponpes Nurul Firdaus dapat menghubungi nomor telepon 081323230058,” ujarnya. luvi