29.4 C
Indonesia
Sabtu, September 18, 2021
spot_img

Peserta Seleksi JPT Pratama di Sumedang: Ini Jadi Ajang Piknik Akademik

BERITA SUMEDANG, ruber.id – Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama yang diselenggarakan Pemkab Sumedang direspons ragam tanggapan dari para peserta seleksi.

Kepala Kesbangpol Sumedang Asep Tatang Sujana, salah satu peserta seleksi menyatakan, iklim kompetisi dalam seleksi JPT Pratama di Kabupaten Sumedang pada akhir tahun 2020 ini begitu kompetitif.

“Ada iklim kompetisi dari aspek bagamana melatih diri, menyampaikan ide, gagasan, dan kreativitas di hadapan pimpinan. Yang nantinya, dikaji untuk kemudian diaktualisasikan dalam bentuk kebijakan,” ucapnya.

Selain itu, kata Asep, peserta seleksi mendapatkan pencerahan (enlightment).

BACA JUGA:  Lima Pelaku Pengeroyokan di Sumedang Sudah Ditangkap, Daus Ngaku Hanya Ikut-ikutan

Karena, sambung Asep, peserta seleksi yang merupakan pejabat Pemkab Sumedang dituntut untuk kembali belajar.

“Semuanya mengulang dan belajar kembali apa yang sebenarnya harus dikuasai oleh seorang pejabat atau pimpinan,” katanya.

BACA JUGA:  Ada Ribuan Isu Hoax soal Corona, Pemkab Sumedang Ingatkan Warga Tidak Sebar Kabar Bohong

Menurut Asep, dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, metode lama harus mulai ditinggalkan.

Metode lama ini harus diganti dengan metode baru yang relevan dengan kondisi saat ini, sehingga bisa diterima oleh masyarakat.

“Harus berprinsip Tomorrow is Today bukan Today is Yesterday. Jadi cara lama harus ditinggalkan dan cara-cara baru yang lebih membumi dan cepat yang digunakan. Jangan asing dengan perubahan mendadak atau disruption,” terangnya.

BACA JUGA:  H-4 Lebaran, Jalur Tengah Sumedang Masih Lengang

Saat ini, lanjut Asep, para perangkat daerah di lingkungan Pemkab Sumedang sudah mulai belajar (learning organization) untuk makin sempurna dalam menangkap peluang mencerdaskan dan menyejahterakan masyarakat.

“Seleksi peserta ini menjadi suatu wahana piknik akademik dan piknik intelektual. Bagi kami hal ini berat, tetapi akan menjadi suatu kebiasan untuk menutupi kelemahan yang ada,” jelasnya. (R003)

BACA JUGA:  Tinggalkan Jabatan Strategis di Kementerian, Herman Ikuti Panggilan Kalbu Jadi Sekda Sumedang

BACA JUGA: Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Harus Siap Kerja Keras untuk Sumedang

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles