29.4 C
Indonesia
Minggu, September 26, 2021
spot_img

Penyebab Stang Motor Goyang dan Cara Memperbaikinya

TIPS & HOBI, ruber.id – Pernahkah Anda mengalami stang motor goyang saat sedang mengendarai motor di jalanan? Jika pernah, tahukah Anda penyebabnya?

Tentunya sebagai kendaraan yang dipakai setiap hari, sepeda motor bakal mengalami kerusakan pada beberapa bagian. Salah satunya adalah stang goyang.

Kondisi tersebut pasti membuat Anda tidak nyaman, karena stang menjadi sulit dikendalikan. Tapi Anda tidak perlu panik karena masalah tersebut dapat diatasi.

Banyak penyebab stang motor menjadi goyang yang perlu Anda tahu. Berikut penyebabnya seperti dilansir dari kanal resmi Suzuki.

Kondisi Ban Jelek

Perhatikan ban motor Anda, apakah masih layak digunakan atau tidak. Karena, ban yang sudah tidak layak bisa merusak velg dan menjadikan stang motor goyang.

Cek apakah ban motor kempes atau bocor karena itu akan menimbulkan ketidakstabilan pada stang motor.

Ukuran ban juga harus dicek karena ketika ukurannya lebih kecil, maka kestabilan stang saat melewati jalan rusak akan berkurang.

Ketika stang motor goyang disebabkan oleh ban yang jelek, cara memperbaikinya tentunya dengan mengganti ban dengan yang baru.

Sesuaikan ukuran ban dengan velg dengan standar pabrikan dan jangan beli ban bekas.

BACA JUGA:  Cara Merawat CVT Motor Matic

Kalau sudah diganti, pastikan angin pada kendaraan memiliki tekanan yang pas. Jangan terlalu keras karena itu juga akan membuat stang tidak stabil sehingga mengganggu kenyamanan saat berkendara.

BACA JUGA:  Jangan Asal Beli Busi Motor, Perhatikan Hal Ini Dulu agar Tidak Salah Pilih

Kondisi Velg Rusak

Selain ban, penyebab kedua stang motor goyang bisa juga dari velg motor seperti velg bengkok atau bisa juga retak yang membuat kondisinya tidak stabil ketika berjalan.

Untuk melihatnya, putar roda dan lihat dari arah depan atau belakang, tapi kondisi motor distandar dua.

Jika velg yang berputar terlihat bergoyang artinya ada masalah pada velg. Agar motor kembali nyaman digunakan, ganti velg dengan yang baru.

Komstir Mulai Longgar

Bagian dari kendaraan ini sangat penting dalam pengendalian laju motor. Posisinya terletak pada rangka motor bagian depan, yakni di antara segitiga garpu.

Kondisinya bisa rusak atau longgar tergantung pada lama pemakaian kendaraan, dan menyebabkan stang sulit untuk digerakkan.

Ciri-ciri komstir longgar adalah stang menjadi goyang dan sulit dibelokkan, ketika Anda ingin belok, stang terasa akan berjalan lurus.

Memiliki bentuk bulat seperti donat dengan bola-bola kecil ada di dalamnya dan dikatakan rusak ketika bola-bola di dalamnya mulai aus.

BACA JUGA:  Hati-hati Mencuci Ruang Mesin Mobil, Begini Caranya yang Benar

Kalau masalah ini penyebab stang motor goyang, tidak ada cara lain, Anda harus mengganti komstir dengan yang baru. Karena kalau pun diberi pelumas tidak akan berpengaruh.

Bearing Roda Longgar

Fungsi utama bearing roda adalah untuk membuat as tidak bergesekkan secara langsung dengan rumah roda. Disamping itu juga membuat putaran roda jadi lebih stabil.

BACA JUGA:  Bingung Oli Motor Cepat Habis, Mungkin Ini Penyebabnya

Biasanya, kerusakan pada bearing roda terdapat pada bantalan peluru bulat di dalamnya yang pecah.

Anda bisa mengecek apakah bearing roda penyebab stang motor goyang dengan cara menggoyangkan roda ke arah kiri dan kanan.

Bearing rusak akan membuat roda terasa tidak kencang setelannya dan stang motor pun goyang.

Segera ganti bearing dengan yang baru jika memang ini masalahnya, karena sama seperti komstir, ketika longgar maka tak bisa diperbaiki lagi.

Akan tetapi Anda tak perlu khawatir, biaya komponen ini tidak terlalu mahal.

Masalah pada Segitiga Dudukan

Komponen motor yang satu ini berfungsi untuk menghubungkan stang dengan shockbreaker. Pada saat bagian garpu kiri dan kanan tidak sejajar, akan menyebabkan goyang pada stang motor.

BACA JUGA:  Jangan Sepelekan! Inilah Penyebab Ban Mobil Mudah Pecah

Cukup gunakan alat ukur fuller untuk mengukur kesejajaran dudukan segitiga motor tersebut di tempat yang datar.

Jika ada yang tidak sejajar, cara memperbaikinya adalah dengan pergi ke bengkel resmi. Montir akan melakukan press pada dudukan tersebut, sehingga posisinya bisa kembali seperti semula.

Shockbreaker Bermasalah

Terakhir, penyebab stang tidak stabil adalah shockbreaker. Bisa karena shockbreaker bergeser dan tidak lurus atau ada masalah pada bantalan karet yang tidak rapat.

Kedua masalah tersebut dapat menyebabkan stang goyang. Perlu diketahui bahwa fungsi utama shockbreaker adalah untuk mencengkeram roda dan menyerap kejutan saat berjalan di permukaan yang tidak rata.

BACA JUGA:  Jangan Tunggu Rusak, Rawat Radiator Mobil dengan Cara Ini

Nah, saat settingan karetnya tidak rapat atau ada pergeseran, maka stang akan terasa goyang.

Memperbaiki stang motor goyang karena masalah shockbreaker harus dilakukan oleh profesional di bidangnya. Anda bisa membawa motor ke bengkel.

Itulah beberapa penyebab stang motor goyang dan cara memperbaikinya. Ingat, ketika motor Anda mengalami stang goyang, jangan dibiarkan karena itu dapat membuat kondisi motor semakin parah dan berisiko kecelakaan. Semoga bermanfaat! (CW-004)

BACA JUGA: Cara Membersihkan Kaca Mobil yang Berminyak, Berjamur dan Baret

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles