28.4 C
Indonesia
Minggu, September 19, 2021
spot_img

Cara Membersihkan Kaca Mobil yang Berminyak, Berjamur dan Baret

TIPS & HOBI, ruber.id – Salah satu komponen yang harus rutin dibersihkan adalah kaca mobil. Kondisi yang bersih dapat membuat nyaman pengendara.

Selama ini banyak yang tidak tahu bagaimana cara membersihkan kaca yang benar. Anda mungkin juga berpikir cukup dengan mencucinya lalu mengelapnya dengan lap kanebo.

Padahal, cara membersihkan kaca mobil bisa dilakukan dengan banyak metode. Tergantung pada masalah yang terjadi terhadapnya dan alat yang digunakan.

Sebelumnya, Anda harus melihat dulu apakah kaca mobilnya kotor, berminyak, berjamur, baret atau rusak.

Yang paling rawan mengalami kotor adalah bagian luar mobil seperti kaca, spion dan jendela.

Berikut cara membersihkan kaca mobil yang benar sesuai masalahnya seperti dilansir dari kanal resmi Suzuki.

Kaca Luar dan Dalam yang Kotor

Anda bisa membersihkan kaca mobil bagian luar yang kotor menggunakan air dan sabun dengan lap atau kain.

Sama halnya dengan kaca bagian dalam, gunakan lap bersih yang basah untuk membersihkan kotoran pada step awal.

Baru kemudian bersihkan dengan lap kering setelah kaca mobil disiram air bersih. Gunakan air hangat agar kotoran yang menempel mudah hilang.

Bila sudah hilang, bilas kembali bagian tersebut dengan air biasa yang bersih. Tahap selanjutnya, gosokkan lap kering pada bagian dalam atau luar dari kaca mobil yang sudah dicuci.

BACA JUGA:  Mau Beli Motor Bekas? Ikuti Tips Ini Dulu Biar Anda Tidak Tertipu

Sebaiknya hindari menggunakan glass cleaner untuk membersihkannya. Karena, materialnya kebanyakan terbuat dari kaca film.

BACA JUGA:  Ternyata Membersihkan Rantai Ada Caranya, Begini yang Benar

Sedangkan glass cleaner mengandung zat pelarut yang bisa merusak lapisan kaca film dan membuatnya melar. Jadi, Anda cukup menggunakan lap bersih berupa kain atau kanebo.

Kaca Berminyak

Sementara itu, jika kaca mobil Anda berminyak, cara membersihkannya cukup mudah. Cucilah bagian yang berminyak hingga bersih menggunakan air bersih.

Setelah itu, gunakan lap basah untuk membantu menghilangkan minyak. Bila sudah terlihat bersih, keringkan dan gunakan lap kering untuk membersihkan kaca sampai tidak ada sisa air yang menempel.

Semprotkan cairan pembersih kaca mobil secara merata. Anda bisa menggunakan sabun cair yang telah dicampur dengan air bersih atau membeli cairan pembersih khusus mobil.

Pakailah kain atau lap yang basah dan bersihkan kaca hingga benar-benar bening.

Tunggu sekitar 15 menit sampai cairan pembersih tersebut bereaksi secara maksimal, kemudian bilas menggunakan air bersih yang mengalir hingga terlihat bersih dan bebas dari minyak.

Terakhir, setelah kaca terlihat bersih, lap kembali dengan menggunakan lap kering yang bersih agar tidak kembali kotor. Disarankan menggunakan lap berbahan microfiber yang khusus untuk digunakan pada mobil agar tetap aman.

Kaca Mobil Berjamur

Ketika Anda jarang membersihkan kaca mobil, akibatnya akan berjamur. Untuk membersihkannya, Anda harus sediakan lap kering untuk menggosok jamur yang menempel.

BACA JUGA:  Motor Ngempos Saat Digas? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Hilangkan jamur tersebut dengan digosok, tapi harus hati-hati, jangan menggunakan peralatan tajam berbahan tidak aman, karena akan mengakibatkan kaca mobil mengalami kerusakan.

Kalau jamur masih membandel, Anda bisa menggunakan air soda sebagai solusinya dengan cara menyiramkannya ke lap bersih dan gosokkan perlahan pada kaca mobil yang berjamur sampai bersih.

BACA JUGA:  Motor Ngempos Saat Digas? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Selain air soda, Anda bisa memanfaatkan pasta gigi untuk menghilangkan jamur.

Anda cukup mengoleskan pasta gigi ke bagian yang berjamur saja, lalu tunggu selama 1 menit.

Setelah 1 menit, bersihkan menggunakan air bersih dan lap dengan kain basah, kemudian lap memakai kain kering yang bersih.

Anda juga bisa memanfaatkan tembakau untuk membersihkan jamur pada kaca mobil. Akan tetapi, sebelumnya Anda harus merendam terlebih dahulu daun tembakau dengan air biasa selama 20 menit.

Nah, baru setelah itu celupkan lap bersih ke dalam larutan tersebut dan gosokkan pada bagian yang telah dibersihkan, lalu bilas dengan air bersih dan gosok dengan lap kering.

Kaca Mobil yang Baret

Penyebab baret salah satunya power window, pemakaian wiper yang sering, dan alat pembersih yang bahannya bisa merusak lapisan kaca mobil.

Cara mengatasinya tergantung jenis goresan baret. Goresan yang tipis masih bisa ditangani sendiri di rumah.

BACA JUGA:  Mobil Matik Juga Bisa Irit Bensin Lho, Begini Caranya!

Bahan yang diperlukan adalah pasta gigi. Tak perlu banyak, ambil sedikit saja pasta giginya, kemudian oles secara merata pada bagian kaca yang tergores. Langsung bersihkan dengan air bersih dan lap atau kain yang masih bersih.

Atau, Anda bisa menggunakan cairan amonia. Yakni dengan mencampurkan cairan amonia sebanyak 15 ml dengan setengah liter air bersih dan aduk merata.

Siapkan kain bersih yang lembut, celupkan pada larutan tersebut, dan gosokkan pada bagian yang tergores. Anda harus melakukannya dengan hati-hati, dan jangan terlalu kasar.

BACA JUGA:  Dampak Buruk Motor Sering Kehujanan, Lakukan Ini untuk Perawatannya

Tetapi jika baret mobil cukup dalam, sebaiknya Anda servis mobil saja karena butuh penanganan oleh ahlinya.

Itulah beberapa tips cara membersihkan kaca sesuai dengan masalahnya. Anda bisa mencobanya langsung di rumah.

Seandainya setelah dibersihkan berkali-kali, masih ada kotoran yang sulit hilang atau goresan, Anda bisa konsultasikan ke bengkel atau salon mobil langganan Anda.

Melakukan perawatan di bengkel memang lebih terjamin karena minim resiko. Namun, Anda harus merogoh kocek cukup banyak jika memang perlu pergantian bagian mobil yang cukup penting ini.

Sebelum terlambat, selalu bersihkan dan rawat kaca mobil Anda agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. (CW-002)

BACA JUGA: Ternyata Membersihkan Rantai Ada Caranya, Begini yang Benar

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles