23.4 C
Indonesia
Kamis, September 23, 2021
spot_img

Jangan Tertipu, Ini Cara Membedakan Oli Asli atau Palsu

BERITA TIP & HOBI, ruber.id – Oli atau pelumas kendaraan memang merupakan sebuah komponen yang penting bagi mesin motor atau mobil. Jika diumpamakan, oli diibaratkan sebagai air putihnya suatu mesin.

Mesin motor atau mobil akan berjalan sempurna ketika menggunakan oli atau pelumas yang baik. Di samping itu, peminat kendaraan bermotor juga semakin meninggi.

Situasi ini dimanfaatkan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Mereka mencoba mengganti oli dengan campuran lain demi meraup keuntungan yang lebih besar.

Ulah mereka tentunya menuai kekhawatiran bagi pengguna sepeda motor atau mobil. Mereka yang belum mengetahui secara pasti bentuk dari oli yang sebenarnya menjadi was-was.

Buat Anda yang belum bisa membedakan mana oli palsu dan mana oli yang palsu, tenang ada beberapa tip yang bisa Anda coba agar tidak tertipu oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

BACA JUGA:  Jangan Asal Pilih, Ini Tip Ganti Handgrip Motor
BACA JUGA:  Ini Alasan Mengapa Kaca Spion Motor Bawaan Lebih Lebar

Tip ini bisa Anda terapkan ketika sedang mengganti Oli di sebuah bengkel:

Melihat Botol Oli
Tip pertama yang perlu Anda lakukan adalah melihat botol oli. Jika memang botol tersebut Anda yakini sebagai botol bekas, cepat-cepatlah memeriksanya dan meminta oli dengan botol baru yang masih segel.

Atau jika Anda tidak bisa melihat dengan jelas, Anda bisa meraba-raba, mengecek botol oli yang diberikan oleh mereka. Dengan begitu mereka tidak mempunyai kesempatan lagi menipu Anda. Oli palsu yang hendak mereka berikan mereka ganti.

Melihat Label Berhologram
Maraknya kecurangan yang sering dilakukan oleh beberapa oknum membuat perusahaan oli melakukan antisipasi dengan memasang label hologram di botolnya.

BACA JUGA:  Mengenal Trik Bersihkan Grill Mobil Sendiri di Rumah
BACA JUGA:  Mengenal Trik Bersihkan Grill Mobil Sendiri di Rumah

Dari hologram tersebut Anda bisa mengetahui dengan jelas oli itu asli atau tidak. Karena botol oli yang memiliki hologram jelas dan tampak, merupakan oli yang asli.

Mengecek Tutup Botol Oli
Perusahaan juga memakai tutup botol yang memiliki teknologi tinggi. Tutup itu hanya bisa digunakan satu kali saja. Sehingga tidak bisa digunakan berkali-kali.

Dari tutup botol oli Anda sudah bisa memastikan kalau itu oli asli atau palsu. Tentunya dengan cara mengecek tutup tersebut sebelum membelinya.

Ketiga tip ini bisa Anda terapkan untuk menghindari kecurangan yang sering dilakukan oleh beberapa oknum nakal, yang ingin meraup keuntungan yang lebih besar lagi. Berhati-hatilah ketika membeli sesuatu, bukan hanya oli saja. (CW-006/khairul anam)

BACA JUGA:  Kebiasaan Ini Bisa Membuat Malu saat Mengendarai Mobil Matik

BACA JUGA: Lakukan Persiapan Ini Sebelum Touring Jauh Naik Motor

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles