21.4 C
Indonesia
Rabu, Juli 28, 2021
spot_img

Lakukan Persiapan Ini Sebelum Touring Jauh Naik Motor

BERITA TIP & HOBI, ruber.id – Touring menggunakan motor memang selalu menyenangkan. Tentunya sepanjang jalan kita bisa merasakan pengalaman baru serta suasana yang berbeda.

Karena itu, tidak jarang orang memilih touring menggunakan sepeda motor. Sebagai kegiatan mengisi luang waktu atau menjadikannya sebagai hobi untuk melepas penat.

Pergilah sejauh mungkin, maka kamu akan merindukan rumahmu sendiri. Kata-kata itu seolah ada benarnya. Karena sadar atau tidak, ketika kita berada di tempat yang jauh dari rumah, senantiasa kerinduan akan terbesit di hati.

Mungkin itulah salah satu yang membuat para pemotor selalu touring di tempat yang jauh. Ketika hendak melakukan touring menggunakan motor, memang segala seuatunya harus dipersiapkan secara matang.

BACA JUGA:  Libur Lebaran, Aturan Ganjil-Genap di Jakarta Tidak Berlaku
BACA JUGA:  Lalai Daftar Ulang, Puluhan Ribu Kendaraan di Sumedang Terancam Dihapus

Tidak dapat dipungkiri, setiap kali melakukan touring jauh, sama saja kita menyerahkan hidup pada jalanan. Selain fisik tubuh, persiapan motor juga perlu diperhatikan.

Berikut Beberapa Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Touring:

Cek Kendaraan
Touring jauh tentu saja memakan waktu yang lama. Selain itu banyak kondisi jalanan yang berbeda di tiap-tiap daerah. Tentu saja hal ini sebaiknya menjadi perhatian khusus.

Terutama bagi motor yang akan kita gunakan. Alangkah baiknya mengecek terlebih dahulu motor yang akan kita gunakan.

Jika memang kondisi motor kurang dari 80%, sebaiknya membawa motor ke dealer dan lakukan servis terlebih dahulu. Agar di jalan nanti kondisi motor prima 100%. Dengan begitu touring menjadi aman dan menyenangkan.

BACA JUGA:  Lalai Daftar Ulang, Puluhan Ribu Kendaraan di Sumedang Terancam Dihapus

Survei Rute Jalan yang Akan Dilewati
Melakukan survei rute jalan yang akan dilewati memang sangat diperlukan sebelum melakukan touring. Dengan mengantongi informasi perihal jalan yang akan dilewati, kita akan mengetahui titik jalan mana saja yang berbahaya dan harus lebih ekstra berhati-hati ketika melewatinya.

BACA JUGA:  Taati SE KPK, Bupati Ciamis Larang ASNĀ Gunakan Kendaraan Dinas Saat Mudik

Gunakan Pelindung Tubuh atau Riding Gear
Menyiapkan pelindung tubuh juga merupakan hal yang paling penting dipersiapkan sebelum melakukan touring. Karena dengan memakai ini, kita bisa meminimalisasi luka pada tubuh ketika terjadi kecelakaan di jalan.

Tetapi ingat, meskipun sudah memakai pelindung, sebaiknya kita juga harus ekstra hati-hati. Lebih baik mencegah ketimbang mengobati.

Nah lakukan ketiga persiapan tersebut sebelum melakukan touring jauh menggunakan motor.

BACA JUGA:  Taati SE KPK, Bupati Ciamis Larang ASNĀ Gunakan Kendaraan Dinas Saat Mudik

Dengan mempersiapkan segala sesuatu yang menyangkut keselamatan, kita sama saja sedang membahagiakan diri sendiri dan touring akan terisi oleh kebahagiaan tanpa kesedihan. (CW-006/khairul anam)

BACA JUGA: Ini Pantangan yang Harus Dihindari pada Helm Motor, Nomor 3 Mengerikan

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles