22.4 C
Indonesia
Selasa, Oktober 26, 2021
BJB KPRBJB KPRBJB KPR

Kurang Makan Serat Ternyata Bisa Sebabkan Perut Gampang Lapar

ILUSTRASI perut gampang lapar meski sudah makan banyak. net/ruber.id

Kurang Makan Serat Ternyata Bisa Sebabkan Perut Gampang Lapar

ruber.id — Jika Anda gampang merasa lapar, padahal belum lama makan, tandanya ada sesuatu yang tidak beres dengan asupan makanan ke dalam tubuh Anda.

Umumnya, lapar dipicu oleh kekurangan energi. Namun, itu tak menjadi alasan satu-satunya alasan mengapa kita lapar.

Ada beberapa alasan mengapa kita mudah merasa lapar, salah satunya karena makanan yang kita makan. Apabila asupan makanan kita tidak benar, meski kita sudah makan banyak, perut akan tetap lapar.

Gampang lapar menunjukkan bahwa Anda kurang makan serat. Menurut informasi yang berhasil dihimpun ruber.id, lewat penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menemukan bahwa serat makanan memengaruhi respon pelepasan hormon yang mengatur nafsu makan dan produksi rantai asam lemak nabati dalam perut.

BACA JUGA:  Buah-buahan Ini Dipercaya Bisa Turunkan Berat Badan Jika Rutin Dikonsumsi 

Nah, saat Anda mengonsumsi serat cukup, perut tak akan memberi respon lapar.

Harus diketahui, serat yang tinggi mampu memperlambat pemecahan makanan sehingga sistem pencernaan sibuk mengolah makanan tersebut. Selama pencernaan memecah makanan, mereka tidak akan memberikan sinyal lapar karena perut masih penuh.

Perut akan merasakan perbedaan ketika kita makan makanan tinggi serat seperti buah, sayur dan biji-bijian dibanding makan roti, mie, atau makanan olahan lainnya.

Jadi, jika perut Anda mudah sekali lapar meski sudah banyak makan, cobalah untuk banyak makan makanan yang mengandung banyak serat. Dijamin, Anda tidak akan merasakan lagi keluhan tersebut.

Untuk mengetahui makanan apa saja yang mengandung banyak serat, Anda bisa berkonsultasi dengan ahli gizi, atau juga bisa browsing di internet. Namun, yang sudah pasti, serat tinggi banyak terkandung pada buah-buahan. Usahakan setiap hari Anda mengonsumsi buah-buahan ya. red

Related Articles

1 KOMENTAR

Comments are closed.

- Advertisement -

Latest Articles