21.4 C
Indonesia
Kamis, Juli 29, 2021
spot_img

Mau Gelar Resepsi Penikahan di Tengah Pandemi? Hal Ini Penting Diperhatikan

BERITA TIPS, ruber.id – Pemerintah, sempat melonggarkan aturan dengan memperbolehkan resepsi pernikahan. Kini, pemerintah menarik rem kembali karena semakin meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia. Terutama di Ibu Kota, Jakarta.

Hal ini membuat para calon pengantin yang telah menyiapkan rangkaian acara dari jauh hari merasa cemas. Bagaimana tidak, saat semua sudah tersusun rapi, ketika hari sudah mendekati resepsi pernikahan, malah terancam dibubarkan.

Jika kamu tetap ingin menggelar resepsi penikahan. Hal ini penting untuk diperhatikan, agar acara tetap berjalan dengan lancar.

Masker

Tanpa harus diminta, saat ini semua orang pasti menggunakan masker kan? Karena, masker merupakan salah satu upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19. Khususnya, saat resepsi pernikahan berlangsung.

Tidak hanya tamu undangan yang wajib menggunakan masker. Tetapi, calon pengantin pun harus menggunakannya. Nah, masker ini bisa menjadi menarik ketika warnanya, bisa disesuaikan dengan tema resepsi pernikahan.

BACA JUGA:  Upacara Peringatan Hari Jadi ke-8 Pangandaran Menerapkan Prokes

Tentunya, akan lebih menarik lagi jika masker dibuat dengan inisial nama pengantin. Bisa menjadi lebih menarik bukan saat momen itu didokumentasikan? Cara ini menjadi lebih istimewa loh dari pada sekadar membagikan masker sebagai suvenir saat resepsi pernikahan itu usai.

BACA JUGA:  PSBB Jawa Barat di Ciamis, Pasar Masih Langgar Batasan Jam Buka

Sanitasi

Masih banyak cara untuk membuat tamu terasa aman dalam menjaga jarak di acara pernikahan. Penyebaran virus corona ini, bisa terjadi ketika tamu membuka pintu. Atau mengambil gelas, juga pada saat menyentuh kursi.

Hal-hal itu, dapat membuat tamu khawatir saat menghadiri acara pernikahan. Maka dari itu, pentingnya antisipasi dengan menyediakan pembersih tangan juga tisu.

Sebaiknya, event organizer acara pernikahan berinisiatif. Terutama, menyediakan beberapa tempat yang dikhususkan untuk hand sanitizer dan kotak tisu yang menarik. Hal ini perlu dilakukan agar semua tamu tetap merasa aman.

Aturan Tempat Duduk

Mungkin hal ini sudah tidak asing lagi ya. Karena, hampir semua tempat umum sudah diberlakukan penjagaan jarak duduk. Jika diterapkan di resepsi pernikahan, misal dalam satu meja lingkaran yang biasanya bisa diisi oleh 10 orang. Disiasati dengan mengisi hanya 6 hingga 8 orang.

BACA JUGA:  PSBB Jawa Barat di Ciamis, Pasar Masih Langgar Batasan Jam Buka

Kemudian, diberikan jarak antara satu kursi dengan kursi lainnya. Jika perlu, aturan tempat duduk ini diinformasikan oleh pembawa acara/MC yang sedang bertugas. Supaya, tamu tidak menggeser-geser kursi yang ia tempati.

BACA JUGA:  Peringati HUT ke 12, Bawaslu Sumedang Donor Darah, Bagikan Masker dan Hand Sanitizer

Foto Bersama

Nah, untuk hal ini tidak mungkin terlewatkan di setiap acara. Foto bersama adalah hal yang paling penting. Unutuk meminimalisasi kontak langsung orang-orang dalam kondisi seperti saat ini. Kita bisa loh mengatur sesi foto dengan konsep yang tidak pernah digunakan.

Misalnya, merekayasa cara foto dengan pengantin tetap berada di panggung pelaminan. Sementara tamu undangan, berada di bawah panggung pelaminan.

Maka, hal ini dapat menghindarkan kontak langsung antara tamu dengan pengantin. Juga orang-orang yang telah hadir dalam acara pernikahan tersebut.

BACA JUGA:  Update COVID-19 Pangandaran: 22 Kasus, 1 Pasien Positif Masih Dirawat

Tetap Disiplin Protokol Kesehatan

So, tips menggelar resepsi pernikahan ini penting diperhatikan agar di masa pandemi ini, acara berjalan lancar dan tidak berujung pada munculnya klaster baru pasca-resepsi pernikahan itu.

Yuk tetap aktif beraktivitas dengan selalu menerapkan protokol kesehatan agar kita semua terhindar dari paparan Covid-19. Sayangi diri, keluarga, kerabat, sahabat dan teman dekat Anda dari virus corona. Karena, Covid-19 masih ada di sekitar kita.

Selamat mencoba tipsnya ya. Dan semoga, bagi kalian yang akan melangsungkan pernikahan, menjadi keluarga yang sakinah, mawwadah, warahmah. Dikaruniai keturunan yang saleh dan salehah, serta diridhoi Allah SWT, amin. (CW-007/Ghea)

BACA JUGA:  Pasien Positif Covid-19 Sumedang Tambah 12, dari Pamulihan dan Sukasari Terbanyak

BACA JUGA: Peran Penting Bridesmaid Jelang Pernikahan, Biar Kamu Gak Badmood dan Lupa Makan

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles