Mual Setelah Berolahraga? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Img
MUAL setelah berolahraga tak jarang dialami oleh orang yang terbiasa olahraga. foto: womantalk

ruber.id — Olahraga memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, apalagi jika dilakukan secara rutin.

Tubuh akan terasa segar, stamina pun terjaga dan Anda tidak mudah sakit.

Tetapi, pada kenyataannya, seseorang yang melakukan olahraga tidak selalu merasa bugar. Ada sebagian orang mengeluhkan merasa mual setelah berolahraga.

Rasa mual ini dapat dialami oleh siapa saja, termasuk para pemula, orang yang sudah terbiasa berolahraga, bahkan atlet.

Supaya Anda tidak jera berolahraga, tentunya Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab rasa mual tersebut. Dengan begitu, Anda akan dengan mudah mengatasinya dan olahraga pun terasa menyenangkan.

Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa penyebab mual setelah olahraga.

Baca juga:  Ragam Topi Stylish, dari Fedora hingga Bucket Hat

Salah satunya adalah kelebihan makanan dan cairan dalam lambung sebelum olahraga, yang tidak mampu dicerna secara optimal oleh sistem pencernaan.

Itu bisa disebabkan oleh peredaran darah di saluran pencernaan tidak bekerja dengan baik.

BACA JUGA: Sering Sakit Pinggang saat Bangun Tidur, Inilah Penyebabnya!

Selain itu, rasa mual setelah olahraga juga merupakan tanda bahwa intensitas olahraga yang Anda lakukan terlalu berlebihan.

Kalau hal ini sering Anda alami, cobalah untuk mengurangi intensitas latihan Anda sedikit demi sedikit. 

Tubuh yang kekurangan dan kelebihan asupan cairan juga dapat meningkatkan risiko mual saat dan setelah olahraga.

Pasalnya, tubuh memproduksi keringat selama berolahraga untuk membantu mendinginkan suhu tubuh dan mengganti cairan tubuh yang hilang.

Baca juga:  Sudah Coba Diet Jepang buat Turunin Berat Badan? Caranya Mudah Lho!

Studi European Journal of Applied Physiology menyebutkan bahwa dehidrasi juga dapat menyebabkan pengosongan lambung yang terlambat sehingga menimbulkan mual. 

Ketika kadar gula dalam tubuh rendah atau hipoglikemia juga bisa mengakibatkan munculnya rasa mual, sakit kepala, dan pusing. Karena, gula dibutuhkan oleh organ-organ tubuh saat berolahraga guna memperkuat otot. 

Anda tentunya tahu bahwa berolahraga dengan intens dan dalam jangka waktu yang lama dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Tak heran jika Anda mungkin mengalami gemetar, kelelahan, serta penglihatan kabur saat sedang olahraga. 

Apa yang harus diakukan untuk mencegah mual setelah olahraga?

Pertama, lakukan pemanasan dan pendinginan. Anda harus tahu bahwa olahraga yang dimulai dan diakhiri dengan tiba-tiba dapat memicu timbulnya rasa mual setelah olahraga.

Baca juga:  Cara Mudah Menghilangkan Ketombe Membandel

Tak hanya mencegah mual, pemanasan bertujuan meregangkan otot dan pendinginan akan meredakan denyut jantung yang cepat. Anda pun dapat terhindar dari cedera.  

Pencegahan lainnya, Anda bisa makan beberapa jam sebelum olahraga. Bisa berupa camilan yang sehat dengan porsi yang tidak berlebihan.

Pada saat berolahraga, darah akan mengalir ke otot-otot dan organ-organ tubuh penting yang bekerja keras, misalnya jantung, paru-paru, dan otak.