Sunday, 5 Apr 2020

Mual Setelah Berolahraga? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Baca Juga

Basarnas Imbau Warga Waspada Mendaki Gunung di Musim Hujan

SUMEDANG, ruber -- Ditemukannya tiga jasad pendaki remaja asal Kabupaten Indramayu, membuat warga harus lebih waspada. BACA JUGA: Tiga Pendaki Gunung Tampomas Tewas, Ini Penjelasan...

Mahasiswa Ini Manfaatkan Waktu Luang Jadi Uang dengan Berbisnis Makanan Ringan

SUMEDANG, ruber -- Bisnis makanan di Sumedang memang tidak ada matinya. Mulai dari makanan berat sampai makanan ringan digemari oleh semua kalangan dan menguntungkan...

Sepanjang 2019, bank bjb Catatkan Laba Bersih Rp1.56 Triliun

JAKARTA, ruber.id - bank bjb mencatatkan kinerja positif sepanjang tahun 2019. Di tengah ketidakpastian situasi perekonomian global, ditandai perlambatan...

Jelang Persib vs Madura United Sore Ini: Maung Bandung Dibayangi Hasil Negatif

BolaPlus.ID, ruber -- Persib Bandung akan menjamu Madura United di Stadion si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Ahad (23/6/2019) sore jam 15.30 WIB, live...

ruber.id — Olahraga memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, apalagi jika dilakukan secara rutin.

Tubuh akan terasa segar, stamina pun terjaga dan Anda tidak mudah sakit.

Tetapi, pada kenyataannya, seseorang yang melakukan olahraga tidak selalu merasa bugar. Ada sebagian orang mengeluhkan merasa mual setelah berolahraga.

Rasa mual ini dapat dialami oleh siapa saja, termasuk para pemula, orang yang sudah terbiasa berolahraga, bahkan atlet.

Supaya Anda tidak jera berolahraga, tentunya Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab rasa mual tersebut. Dengan begitu, Anda akan dengan mudah mengatasinya dan olahraga pun terasa menyenangkan.

Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa penyebab mual setelah olahraga.

Salah satunya adalah kelebihan makanan dan cairan dalam lambung sebelum olahraga, yang tidak mampu dicerna secara optimal oleh sistem pencernaan.

Itu bisa disebabkan oleh peredaran darah di saluran pencernaan tidak bekerja dengan baik.

BACA JUGA: Sering Sakit Pinggang saat Bangun Tidur, Inilah Penyebabnya!

Selain itu, rasa mual setelah olahraga juga merupakan tanda bahwa intensitas olahraga yang Anda lakukan terlalu berlebihan.

Kalau hal ini sering Anda alami, cobalah untuk mengurangi intensitas latihan Anda sedikit demi sedikit. 

Tubuh yang kekurangan dan kelebihan asupan cairan juga dapat meningkatkan risiko mual saat dan setelah olahraga.

Pasalnya, tubuh memproduksi keringat selama berolahraga untuk membantu mendinginkan suhu tubuh dan mengganti cairan tubuh yang hilang.

Studi European Journal of Applied Physiology menyebutkan bahwa dehidrasi juga dapat menyebabkan pengosongan lambung yang terlambat sehingga menimbulkan mual. 

Ketika kadar gula dalam tubuh rendah atau hipoglikemia juga bisa mengakibatkan munculnya rasa mual, sakit kepala, dan pusing. Karena, gula dibutuhkan oleh organ-organ tubuh saat berolahraga guna memperkuat otot. 

Anda tentunya tahu bahwa berolahraga dengan intens dan dalam jangka waktu yang lama dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Tak heran jika Anda mungkin mengalami gemetar, kelelahan, serta penglihatan kabur saat sedang olahraga. 

Apa yang harus diakukan untuk mencegah mual setelah olahraga?

Pertama, lakukan pemanasan dan pendinginan. Anda harus tahu bahwa olahraga yang dimulai dan diakhiri dengan tiba-tiba dapat memicu timbulnya rasa mual setelah olahraga.

Tak hanya mencegah mual, pemanasan bertujuan meregangkan otot dan pendinginan akan meredakan denyut jantung yang cepat. Anda pun dapat terhindar dari cedera.  

Pencegahan lainnya, Anda bisa makan beberapa jam sebelum olahraga. Bisa berupa camilan yang sehat dengan porsi yang tidak berlebihan.

Pada saat berolahraga, darah akan mengalir ke otot-otot dan organ-organ tubuh penting yang bekerja keras, misalnya jantung, paru-paru, dan otak.

Loading...

Komentar

loading...
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Warga Garut Positif Corona Jadi Dua, Pasien Pernah Kontak Langsung dengan 110 Orang

GARUT, ruber.id - Warga Garut, Jawa Barat positif terjangkit COVID-19 tambah satu. Jadi total warga Garut positif corona menjadi dua.

ODR di Sumedang Tembus 18.303, Positif Rapid Test COVID-19 Jadi 14 Orang

SUMEDANG, ruber.id - Hanya ada satu warga Sumedang, Jawa Barat yang terinfeksi virus corona hingga Sabtu (4/4/2020). Selain itu,...

Hasil Rapid Test 3 Praja Putri IPDN Positif Imunitas Lemah, Senin Dites Swab

JATINANGOR, ruber.id - Setelah hari kemarin, hasil rapid test COVID-19 untuk praja putri IPDN Jatinangor imunitas positif lemah, dua praja putri lainnya...

Peresmian RSUD Pandega Pangandaran via Teleconference

PANGANDARAN, ruber.id - Melalui teleconference, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmikan Gedung RSUD Pandega milik Pemkab Pangandaran, Sabtu (4/4/2020).

Perbatasan Sumedang Bandung di Jatinangor Dijaga Ketat Aparat Gabungan

JATINANGOR, ruber.id - Wilayah perbatasan Bandung - Sumedang di Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang dijaga ketat aparat gabungan. Jumat (3/4/2020)...