Kelucuan Peserta Open Bidding Jabatan Eselon 2 di Sumedang yang Gaptek Operasikan Komputer

PESERTA open bidding seruis menulis makalah materi ujian di SMAN 1 Sumedang, Kamis (15/8/2019). luvi/ruber.id

SUMEDANG, ruber.id — Ada yang menarik saat pelaksanaan Open Bidding untuk 8 JPTP di lingkungan Pemkab Sumedang yang diikuti 51 peserta.

TONTON VIDEO LIPUTANNYA, KLIK: 51 Peserta Ikuti Open Bidding untuk Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sumedang

Diketahui, hari ini, Kamis (15/8/2019), sebanyak 51 peserta open bidding mengikuti tahap tes penulisan makalah di SMAN 1 Sumedang.

Pantauan ruber di lokasi, ternyata tidak sedikit peserta yang merupakan pejabat setingkat sekretaris dinas, camat, kepala bagian yang ikut tes ini gaptek (Gagap teknologi) saat mengoperasionalkan komputer.

Terlihat, di dalam ruang ujian, sejumlah pejabat tampak kebingungan mengoperasikan komputer.

Baca juga:  Polres Sumedang Gilas 1998 Botol Miras Jelang Ramadan

Ada juga pejabat yang terlihat menggunakan jurus sebelas jari atau mengetik dengan menggunakan dua jari telunjuk.

“Agak gagap saat ngetik naskahnya. Kalau isi makalah, apa yang mau ditulis itu sudah ada di kepala, karena dari pengalaman menjabat sebelumnya. Cuma ini kan udah lama juga gak pakai komputer jadi agak gagap, kaget gitu,” ujar salah satu peserta kepada ruber.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sumedang Endi Ruslan mengatakan, memang terlihat ada sejumlah pejabat yang kebingungan saat di depan komputer.

“Iya terlihat ada yang gagap. Mungkin karena perbedaan perangkat yang digunakan. Dulu itu pejabat yang sekarang jadi peserta belum pakai komputer canggih seperti sekarang. Bahkan ada yang masih pakai mesin ketik manual,” ucapnya.

Baca juga:  Tingkatkan Kepesertaan, BPJAMSOSTEK Jalin MoU dengan Pemkab Sumedang

Namun, kata dia, di luar hal ini, seluruh peserta mampu mengikuti ujian dengan lancar tanpa ada hambatan dan gangguan teknis lainnya.

Sementara, terkait open bidding, sebelum pelaksanaan tes tulis makalah ini, telah menginformasikan seputar tes penulisan makalah ini.

“Sudah, pasti sebelumnya mereka (pejabat) sudah kursus dulu selama seminggu penuh,” tuturnya.

Endi menambahkan, sebelum ujian penulisan makalah hari ini, 51 pejabat telah mengikuti assesment di Lembaga Administrasi Negara.

“Nantinya, 51 peserta open bidding ini akan memperebutkan 8 JPTP di lingkungan Pemkab Sumedang,” sebutnya.

Delapan JPTP yang diperebutkan, lanjut dia, terdiri dari Kepala Bappppeda; kepala Satpol PP, Damkar dan Linmas; kepala Dinas Kesehatan, Dirut RSUD Sumedang; dan Staf Ahli di lingkungan Pemkab Sumedang.

Baca juga:  Jadi Penumpang Ojek Online, Mahasiswi Cantik Unpad Jatinangor Tewas Terlindas Truk

Kemudian, kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga; kepala Dinas Pendidikan; kepala Dinas PUPR. luvi

loading…