Jadi Orang Pertama Didata, Ini Kata Plt Walikota Tasikmalaya Muhammad Yusuf

Plt Walikota Tasikmalaya
PLT Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf saat launching kegiatan pendataan keluarga tahun 2021 di Kota Tasikmalaya, Kamis (1/4/2021). indra/ruber.id

BERITA TASIKMALAYA, ruber.id – Plt Walikota Tasikmalaya Muhammad Yusuf, menjadi orang pertama yang didata oleh Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKB-P3A).

Ini sekaligus menandai launching kegiatan pendataan keluarga tahun 2021 di Kota Tasikmalaya.

Usai didata petugas, Plt Walikota Tasikmalaya Muhammad Yusuf menyampaikan bahwa hal itu merupakan program KB pusat yang dilaksanakan secara serentak se Indonesia untuk pendataan keluarga.

“Ini dimaksudkan agar memiliki data konkret guna menekan laju pertumbuhan penduduk.”

“Selain pendataan keluarga, nantinya juga dilaksanakan kegiatan pemasangan implan. Insya Allah target di Kota Tasikmalaya dapat terpenuhi atau mungkin lebih,” kata Yusuf.

Ia menyebut, setelah pendataan, selanjutnya akan disamakan dengan data kependudukan dari Dinas Kependudukan.

Baca juga:  3 Tempat Billiard di Tasikmalaya, Biasanya Anak Muda Nongkrong dan Nyodok di Sini

“Untuk itu saya mengajak seluruh masyarakat Kota Tasik agar dapat berperan aktif menyukseskan program nasional ini. Berikanlah informasi yang benar kepada petugas yang melakukan pendataan,” kata Plt Walikota Tasikmalaya Muhammad Yusuf.

Sementara Kepala DPPKB-P3A Kota Tasikmalaya Nunung Kartini menuturkan, kegiatan yang dilaksanakan serentak ini dalam rangka menyukseskan program nasional pendataan keluarga tahun 2021.

Pendataan keluarga, lanjutnya, akan dilaksanakan mulai 1 April sampai 31 Mei 2021. Hasil dari pendataan akan digunakan untuk penentuan program Bangga Kencana.

“Jadi akan menghitung berapa sasaran keluarga yang harus ikut Keluarga Berencana, berapa sasaran yang anggota keluarganya terdapat anak yang stunting.”

“Lalu berapa keluarga yang harus mendapatkan program bina remaja, bina keluarga, lansia, dan balita, termasuk di dalamnya disabilitas. Jumlah KK di Kota Tasikmalaya saat ini tercatat ada 213.963 Kepala Keluarga,” bebernya. (indra)

Baca juga:  Update Corona di Kota Tasikmalaya: 16 Positif, 14 Reaktif

BACA JUGA: Sepi Orderan, Pengusaha Batik Tradisional di Tasikmalaya Menjerit