Cara Menghasilkan Uang dari TikTok

Cara Menghasilkan Uang dari TikTok
Foto ilustrasi TikTok oleh cottonbro dari Pexels.

BERITA TEKNO, ruber.id – Berikut beberapa cara menghasilkan uang di TikTok, yang merupakan platform media sosial dengan pertumbuhan tercepat di dunia.

TikTok menawarkan pengalaman yang mirip dengan Instagram, tetapi dengan klip video pendek, bukan gambar.

Aplikasi TikTok tersedia di iOS dan Android, pada tahun 2017.

Dan sejak pertengahan 2019, lebih dari satu miliar orang telah menggunakannya, dan terus bertambah.

TikTok, bagaimanapun, bukan hanya tempat orang bersenang-senang, aplikasi ini juga memiliki potensi bisnis yang serius.

Influencer memiliki peluang besar untuk menghasilkan uang dan berpotensi menghasilkan uang melalui platform.

Meskipun tidak memiliki model periklanan yang terdefinisi dengan baik, seperti platform lain, popularitasnya yang tinggi.

Berarti bahwa orang-orang dengan semangat kewirausahaan seharusnya tidak memiliki masalah apa pun untuk menghasilkan uang dari TikTok.

Ini jauh lebih fleksibel, dan menawarkan lebih banyak aliran pendapatan dari pada yang banyak orang bayangkan.

Berikut ini, beberapa tips, ide, dan strategi untuk menghasilkan uang di TikTok.

Jelajahi platform TikTok, untuk menemukan pemirsa.

Jika kamu ingin menghasilkan uang di TikTok dengan menjual iklan, atau yang lainnya, tentu harus terlebih dahulu membuat konten yang menarik bagi audiens target.

Mendefinisikan audiens menggunakan media sosial, untungnya, relatif mudah, karena banyaknya alat dan data yang tersedia untuk orang-orang di ruang pemasaran.

Yang perlu kamu lakukan adalah menjelajahi platform media sosial yang ada dan melihat audiens yang ditargetkan oleh orang lain di niche kamu.

Maka itu, hanya masalah mendefinisikan dan menarik hal yang sama melalui konten TikTok.

Sementara TikTok adalah pendatang baru di panggung media sosial besar, pengiklan mengisi ruang itu dengan cepat.

Tempat terbaik untuk menemukan audiens untuk konten TikTok adalah, semua nama media sosial biasa Instagram, Facebook, dan SnapChat.

Buat Konten Asli dan Jangan Lupakan Hashtag

Hanya menyinkronkan ke video musik atau menyalin konten pengguna lain di TikTok, mungkin tidak akan memberi daya tarik yang kamu butuhkan untuk mulai menghasilkan uang dari platform lagi.

Baca juga:  Mobil Terendam Banjir? Jangan Panik, Begini Cara Mengatasinya

Sudah ada ribuan orang, yang melakukan hal semacam ini.

Jika Anda ingin membuat dampak pada TikTok dan mengumpulkan audiens yang luas, cara terbaiknya adalah membuat sesuatu yang orisinal.

Tapi Bagaimana Caranya?

Idealnya, kamu membutuhkan video yang berguna dan menarik bagi audiens yang kamu targetkan.

Perlu ada sesuatu tentang mereka yang menarik minat orang, dan memberi mereka nilai.

Ambil perguruan tinggi dan universitas, misalnya.

Mereka sudah sangat menyukai TikTok, menggunakan platform untuk mengiklankan dan merayakan pencapaian mereka.

Pengacara juga mencoba menggunakan TikTok dengan cara yang orisinal.

Misalnya, beberapa menggunakan platform untuk membagikan potongan pendek nasihat hukum kepada audiens mereka.

Yang mungkin sulit mereka temukan secara online atau diserap dalam format tertulis.

Toko-toko juga ikut beraksi, seperti toko online zhop, misalnya.

Menyiapkan video organisasi lemari reguler untuk jutaan pengikutnya di TikTok.

Tidak ada formula rahasia untuk membuat konten asli, jika ada, itu tidak akan unik.

Namun, mudah-mudahan, kamu memiliki inspirasi dari contoh-contoh ini untuk hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk membedakan diri dari pengguna platform lain di niche kamu, dalam menargetkan audiens.

Setelah kamu membuat konten, pastikan memberi label dengan tagar yang relevan.

Kamua ingin membuatnya mudah ditemukan, terutama jika baru mengenal platform ini.

Periksa tagar pada video terkait dari pengguna lain, dan sesuaikan dengan itu.

Strategi TikTok

Tiktok adalah jejaring sosial yang besar dan berkembang, jadi peluang untuk menghasilkan banyak uang juga ada.

Meraih kesepakatan merek di TikTok, bagaimanapun, membutuhkan sedikit usaha.

Langkah pertama adalah meneliti merek yang dirasa, dapat kamu wakili.

Jika kamu seorang konten kreator baru, harus fokus pada merek kecil dan khusus yang belum menerapkan strategi periklanan media sosial mereka.

Idealnya, kamu ingin menemukan perusahaan yang ingin memiliki lebih banyak penjangkauan di media sosial.

Baca juga:  Xiaomi Pad 5 dan Pad 5 Pro, Hanya Satu Produk di Indonesia

Tetapi, tidak memiliki ide atau pengikut untuk melakukannya.

Jika postingan TikTok kamu berkonsentrasi pada topik tertentu, seperti suplemen anti-kerut atau komponen sepeda, maka carilah merek di tempat yang belum memiliki TikTok.

Jelaskan bahwa pengikut saluran kamu akan senang menggunakan produk mereka dan bahwa mereka dapat melihat pengembalian yang tinggi menggunakan kamu untuk beriklan.

Kamu memiliki audiens terikat, yang memercayai untuk membuat rekomendasi yang bermanfaat.

Sebagai influencer TikTok yang baru muncul, kamu tetap perlu memastikan bahwa telah memilih merek yang berkualitas.

Audiens akan merasa dikhianati, jika kamu merekomendasikan produk yang tidak sesuai dengan harapan mereka.

Setelah mengidentifikasi merek yang ingin kamu targetkan, langkah selanjutnya adalah membuat proposal.

Sebagian besar influencer TikTok, membuat email yang memperkenalkan apa yang mereka lakukan.

Kemudian, menjelaskan bagaimana merek dapat memperoleh manfaat dengan bekerja dalam kemitraan.

Sertakan Rencana untuk Sponsor

Idealnya, kamu harus menyertakan rencana untuk sponsor, yang menunjukkan bagaimana menggunakan kamu sebagai sarana untuk pemasaran mereka dapat bermanfaat.

Pastikan untuk menunjukkan bahwa kamu memiliki khalayak luas yang semuanya tertarik dengan produk yang terkait dengan niche merek.

Berbagi proposal itu mudah, cukup masuk ke situs web merek dan navigasikan ke halaman kontak.

Di sini, kamu akan menemukan alamat email dan nomor telepon yang dapat orang gunakan untuk tindak lanjut.

Pada akhirnya, kamu ingin membuatnya semudah mungkin bagi pemasar untuk memahami nilai yang kamu tawarkan sebagai influencer TikTok.

Buat tayangan slide atau dokumen yang memberikan informasi relevan, yang ingin profesional pemasaran lihat, sebelum mereka memutuskan membayar untuk konten bersponsor.

Sertakan hal-hal seperti demografi pemirsa, metrik saluran Anda (seperti perkiraan pertumbuhan), dan kesuksesan kamu hingga saat ini dalam menjangkau pemirsa.

Pembuat TikTok mendapat manfaat dari sponsor, jadi tidak perlu menunjukkannya dalam komunikasi.

Fokus saja pada bagaimana perusahaan yang kamu targetkan akan mendapat manfaat dari hubungan dengan kamu.

Baca juga:  Aplikasi Psikolog 911, Hadirkan Konseling Online

Jangan pernah menampilkan diri, sebagai pihak yang lebih rendah atau menggunakan bahasa yang mencela diri sendiri.

Berterus terang dan jujur tentang jangkauan, dan orang-orang yang menggunakan saluran kamu.

Kamu, tidak perlu membuktikan apa pun dan berpotensi menjual banyak iklan berharga.

Terakhir, jangan pernah mensponsori merek dengan produk yang jelek atau praktik bisnis yang tidak etis.

Audiens kamu akan mengetahuinya, dan jumlah pelanggan akan berkurang.

Teruskan audiens ke produk berkualitas, di sisi lain, dan mereka akan lebih mempercayai kamu.

Koin di TikTok

Koin adalah mata uang digital dalam aplikasi yang dapat kamau gunakan di TikTok, untuk membeli item digital.

Seperti emoji, yang kita berikan kepada pembuat konten untuk menunjukkan penghargaan.

Dengan demikian, koin adalah metode alternatif untuk menghasilkan uang di platform.

Koin bekerja, berdasarkan prinsip tips.

Pengguna TikTok membeli koin dari platform menggunakan uang sungguhan dan kemudian mengirimkannya ke pembuat konten, sebagai semacam terima kasih atas cuplikan video yang mereka buat.

Nilai tukar antara koin TikTok dan dollar bervariasi dari waktu ke waktu, tergantung pada penawaran dan permintaan.

Terkadang dollar lemah, artinya kamu bisa membeli lebih banyak.

Dan di lain waktu, dollar kuat, artinya kamu bisa membeli lebih sedikit saat menguangkan.

Meskipun pengguna dapat mengirimi kamu koin kapan saja, akun yang menghasilkan uang paling banyak melalui pemberian tips.

Yaitu, akun yang mengingatkan pengguna bahwa jika mereka menyukai kontennya, mereka dapat menunjukkan penghargaan mereka.

Jika memungkinkan, hindari meminta uang secara langsung.

Ingatkan pengguna bahwa dukungan mereka, memungkinkan untuk terus membuat konten menarik yang mereka sukai.

Juga, sarankan agar orang-orang mengatur langganan berulang agar saluran tetap berjalan.

Ini adalah cara terbaik untuk meningkatkan aliran pendapatan kamu secara dramatis, yaitu melalui cerita Instagram dan pos yang dapat kita beli.

Demikian ulasan artikel cara menghasilkan uang di TikTok, semoga bermanfaat.

Penulis/Editor: Bam