Cara Mengembangkan Bisnis melalui TikTok Live

Cara Mengembangkan Bisnis melalui TikTok Live

BERITA TEKNO, ruber.id – Ingin lebih banyak penjualan dari TikTok? Ingin tahu bagaimana siaran langsung di TikTok dapat membantu. Dalam artikel ini, kamu akan menemukan cara untuk merencanakan siaran Tiktok Live yang akan membantu dalam mengembangkan bisnis.

Berikut, beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk mengembangkan bisnis dengan TikTok Live.

Tentukan Tujuan Video TikTok Live

Tayang di TikTok adalah cara yang bagus untuk terhubung dan terlibat dengan audiens secara real time.

Setelah memiliki setidaknya 1.000 pengikut, kamu akan secara otomatis membuka kunci kemampuan untuk melakukan streaming video langsung.

Tetapi, sebelum kamu melakukan siaran langsung, penting untuk meluangkan waktu dalam merencanakan apa yang ingin kamu katakan dan capai.

Dalam bisnis, selalu penting untuk mengetahui apa tujuan yang ingin kita capai.

Sehingga, langkah pertama dalam merencanakan video langsung adalah menentukan tujuan.

Itu bisa mempromosikan keikutsertaan gratis, mengarahkan lalu lintas ke akun media sosial kamu yang lain, atau menjual produk.

Mengetahui apa yang ingin kamu capai akan membantu menginformasikan judul dan agenda kamu.

Pemilihan Waktu TikTok Live yang Tepat

Merencanakan untuk melakukan siaran langsung, ketika audiens kemungkinan besar memiliki waktu luang.

Seperti pada malam hari, adalah waktu yang terbaik ketika kebanyakan orang berada di rumah.

Gunakan akun media sosial dan buletin untuk memberi tahu orang kapan kamu akan melakukan siaran langsung.

Di TikTok sendiri, posting video langsung sebelum streaming langsung akan kamu mulai.

Jika seseorang menontonnya saat kamu sedang siaran langsung, mereka akan melihat ikon khusus yang dapat mereka ketuk untuk langsung masuk ke siaran langsung.

Pilih Topik untuk Video TikTok Live

Setelah menentukan tujuan, langkah selanjutnya adalah memilih topik.

Pikirkan daftar topik yang dapat kamu bicarakan setiap hari.

Baca juga:  Bulan Depan Meluncur, Honda Jazz Bakal Punya Dua Versi Mesin

Atau interval apa pun yang sesuai untuk kamu, selama 10-15 menit.

Misalnya, jika kamu ingin menjual layanan konsultasi dan audiens, target kamu adalah pengusaha baru.

Tuliskan daftar masalah yang harus sebagian besar pengusaha pemula hadapi.

Dari daftar itu, pilih satu topik setiap hari untuk kamu bahas melalui TikTok Live.

Selama bagian Q&A, kamu dapat menjual audiens di layanan, yang akan kita bahas lebih detail sebentar lagi.

Jika kamu memasarkan produk fisik seperti perawatan kulit, buatlah daftar topik terkait.

Kemudian, efek berbahaya matahari pada kulit, mengapa tidak boleh tidur dengan riasan, dan jenis pelembab apa yang harus mereka gunakan.

Setelah kamu memiliki daftar topik potensial untuk pembahasan, tetapkan satu topik untuk setiap hari di kalender konten TikTok Live.

Lalu, perjelas ke mana kamu ingin mengarahkan pemirsa.

Apakah itu ke halaman arahan, tautan di bio, produk fisik, atau akun media sosial.

Kiat Pro: Jika kamu berencana untuk melakukan siaran langsung secara teratur di TikTok, tetaplah dengan waktu yang konsisten.

Dengan begitu, audiens akan tahu kapan harus muncul dan dapat menyisihkan waktu dalam jadwal mereka untuk mendengarkan.

Susun TikTok Live Stream yang Kamu Rencanakan

Tidak ada pembuat konten yang melakukan siaran langsung dengan naskah lengkap, tentang apa yang akan mereka katakan atau lakukan.

Tetapi, memiliki rencana kasar selalu merupakan ide yang baik untuk membantu semuanya berjalan lancar.

Jika streaming langsung akan menyertakan segmen tertentu, beri tahu pemirsa tentang upaya promosi untuk membangkitkan minat dan mendorong mereka untuk menonton.

Perkenalkan Diri

Saat kamu memulai video langsung, mulailah dengan memperkenalkan diri kepada pemirsa dan meminta mereka untuk memperkenalkan diri kepada kamu.

Baca juga:  Pilih Geluti Bisnis Online Softlens, Rini: Nggak Akan Basi

Berikan Ikhtisar Topik

Optimalkan judul dan sampul, saat kamu menekan tombol untuk siaran langsung.

Kamu akan melihat penghitung waktu 3 detik dan kemudian akan siaran langsung.

Tetapi pada saat yang sama, kamu juga akan melihat kotak untuk memasukkan teks untuk streaming langsung.

Gunakan ruang kecil ini untuk menulis judul yang akan menarik orang untuk menonton.

Menggunakan tagar di judul adalah cara yang bagus, untuk membuat siaran langsung kamu lebih mudah Tiktokers temukan di TikTok Live kamu.

Kamu juga akan melihat foto sampul untuk streaming langsung, yang secara default adalah foto profil kamu sendiri.

Ini akan cukup audiens yang jadi pengikut mengenali kamu, tetapi kamu juga dapat mengubahnya sesuai keinginan.

Selanjutnya, bicarakan topik yang akan kamu bahas.

Bagikan beberapa poin penting yang kamu sertakan dalam agenda yang telah kita siapkan.

Jika kamu mengajari audiens cara melakukan sesuatu, berikut cara memulainya.

“Hai, aku sangat senang kamu ada di sini.”

“Hari ini, kita akan berbicara tentang tiga cara untuk mendapatkan penghasilan menggunakan TikTok, jadi ambil pena dan kertas.”

“Pastikan kamu membuat catatan, karena video ini tidak akan kami simpan.”

Kemudian, beri tahu pemirsa bahwa mereka akan memiliki kesempatan untuk mengajukan pertanyaan di akhir streaming langsung.

Dengan menentukan waktu untuk bagian Q&A, kamu tidak perlu khawatir harus membaca komentar saat sedang berbicara.

Plus, kamu juga memberi pemirsa alasan untuk bertahan selama seluruh siaran berlangsung.

Sesuaikan Durasi TikTok Live

Beberapa streaming langsung dapat berlangsung selama berjam-jam, tetapi itu dapat menyebabkan kelelahan bagi pemirsa dan kamu sendiri.

Pikirkan tentang berapa lama kamu dan audiens paling bisa mentolerir, dan cobalah untuk mematuhinya.

Jika kamu tidak yakin sama sekali, 30 menit adalah jumlah waktu yang layak untuk kita tuju.

Baca juga:  Ponsel Lipat yang Bakal Segera Rilis

Libatkan Audiens

Apa pun konten streaming langsungnya, gunakan setiap kesempatan yang kamu bisa untuk menumbuhkan hubungan antara kamu dengan audiens, dan bangun komunitas.

Sambut mereka di arus, jawab pertanyaan, balas komentar, dan berikan sapaan, dan buat mereka merasa istimewa.

Streaming langsung reguler dengan pendekatan ini, akan membantu komunitas kamy berkembang.

Selain itu, mungkin juga akan mulai melihat wajah-wajah yang kamu kenal setiap kali di dunia nyata.

Pertimbangan Teknis

Pencahayaan, audio, dan pengaturan kamera yang baik adalah kunci untuk membuat pemirsa tetap terlibat.

Praktik terbaik, termasuk memastikan, sebelum siaran kita mulai, bahwa Anda memiliki penerangan yang baik, kebisingan latar belakang harus terjaga seminimal mungkin.

Idealnya, harus memiliki penyangga kamera di satu tempat.

Terlalu banyak bergerak selama streaming langsung (terutama jika koneksi bukan yang terbaik), bisa sangat mengecewakan.

Akhiri dengan Ajakan Bertindak

Cara yang baik untuk menutup setiap streaming, selain berterima kasih kepada pemirsa karena telah menonton. Adalah membuat mereka tetap terlibat dengan ajakan bertindak.

Idealnya, yang mendorong kamu bisa mencapai tujuan pembuat atau bisnis.

Misalnya, minta pemirsa untuk menonton pada waktu yang sama minggu depan.

Beri tahu mereka untuk mengunjungi situs web, yang mungkin kamu miliki.

Bagikan kode diskon dan beri tahu mereka untuk menggunakannya secepatnya, sebelum kedaluwarsa.

Minta penggemar untuk mengikuti kamu dan berbagi aliran dengan teman.

Setelah jumlah pemirsa langsung mulai sedikit meningkat, jeda pada waktu yang tepat dan minta pemirsa untuk mengikuti akun kamu di platform lain, ikut serta dalam freebie, atau apa pun tujuan kamu.

Demikian ulasan artikel memanfaatkan Tiktok Live untuk mengembangkan bisnis, semoga bermanfaat.

Penulis: Cas/Editor: Bam