17.4 C
Indonesia
Minggu, September 19, 2021
spot_img

Bangunan UPS Milik Desa Bongkok Paseh Sumedang Ludes Terbakar

BERITA SUMEDANG, ruber.id – Sebuah bangunan Unit Pengelolaan Sampah (UPS) milik Pemerintah Desa Bongkok, Kecamatan Paseh, Kabupaten Sumedang ludes terbakar. Peristiwa kebakaran terjadi Selasa (2/8/2021) siang sekitar pukul 13.54 WIB.

Sumber api dari peristiwa kebakaran UPS di salah satu desa di Sumedang tersebut diduga berasal dari pembakaran sampah di sekitar lokasi kejadian.

Pemerintah Desa Bongkok Rugi Rp50 Juta

Kepala Satpol PP, Damkar, dan Linmas Kabupaten Sumedang Bambamg Rianto mengungkapkan, akibat terbakarnya UPS tersebut, Pemerintah Desa Bongkok mengalami kerugian ditaksir mencapai Rp50 juta.

Bambang menjelaskan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran Unit Pengelola Sampah yang berlokasi di Dusun Biru RT 21/05, Desa Bongkok tersebut.

“Tapi, akibat UPS ludes terbakar itu, pemerintah desa menderita kerugian ditaksir mencapai Rp50 juta,” jelas Bambang.

Bambang menyatakan, sumber api yang memicu terjadinya kebakaran diduga berasal dari pembakaran sampah.

“Kami tiba di lokasi pukul 13.54 dan selesai pemadaman pukul 15.31 WIB. Proses pemadaman api dilaksanakan oleh tim URC Damkar Wilayah Conggeang. Dibantu TNI, Polri dan masyarakat sekitar UPS,” ucap Bambang.

Bambang menambahkan, warga harus lebih waspada akan potensi bencana kebakaran. Caranya, dengan selalu melakukan pengecekan secara berkala sumber api yang biasanya menjadi pemicu kebakaran.

“Selalu waspada dengan rutin melakukan pengecekan secara berkala sumber api yang dapat memicu terjadinya kebakaran. Seperti instalasi listrik, kompor gas, sisa pembakaran sampah, dan sumber api lainnya. Yang dinilai dapat membahayakan hingga menjadi penyebab terjadinya kebakaran,” sebutnya. (R003)

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles