23.4 C
Indonesia
Kamis, September 23, 2021
spot_img

Bangkitkan Ekonomi di Masa Pandemi, Pemkab Sumedang Buka Gerai Gumasep untuk UMKM

BERITA SUMEDANG, ruber.id – Untuk membangkitkan perekonomian di masa Pandemi, Covid-19, Pemkab Sumedang membuka Gerai UMKM Sumedang di IPP (Gumasep).

Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir mengatakan, keberadaan UMKM ini berpotensi besar menggerakan kebangkitan ekonomi di Kabupaten Sumedang. Terutama, di masa pandemi Covid-19, saat ini.

“Salah satu ikhtiar untuk mendorong pemasaran produk UMKM, Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian bersama Forum UMKM Kabupaten Sumedang membuka gerai Gumasep ini,” ucapnya, Senin (30/8/2021).

Dony menjelaskan, keberadaan gerai UMKM ini merupakan upaya konkret pemerintah daerah dalam memajukan dan mengembangkan produk UMKM di Sumedang.

“Ini menjadi upaya konkret pemulihan ekonomi daerah. Supaya, produk UMKM terpasarkan dengan baik. Sehingga warga juga mudah untuk mendapatkannya. Pemerintah daerah memberikan tempat khusus di lobby IPP,” jelasnya.

BACA JUGA:  Tuntut Hak, Warga Terdampak Waduk Jatigede Akan Geruduk PN Sumedang
BACA JUGA:  Nikmatnya Kopi Sumedang Manjakan Atlet Paralayang Dunia

Dony menuturkan, ada berbagai produk unggulan UMKM Sumedang yang dipajang di Lobby IPP ini. Seperti makanan olahan, kerajinan, sepatu, batik, dan lainnya. Sehingga, diharapkan akan banyak yang melihat, sekaligus mengundang pembeli.

“Ini bentuk strategi pemasaran UMKM, agar lebih mudah dilihat dan menarik pembeli,” ujarnya.

Dony menyebutkan, kualitas produk UMKM di Sumedang sebenarnya tidak kalah dengan produk-produk ternama lainnya.

Oleh karena itu, Dony optimistis UMKM di Sumedang akan semakin maju dan tetap eksis. Sehingga berdampak kepada kesejahteraan masyarakat.

“Karena banyak UMKM yang terdampak pandemi Covid-19, saya mengimbau dan menyarankan agar menggunakan produk UMKM Sumedang. Seperti yang terlihat di lobby IPP ini. Kalaupun ingin membeli lebih banyak, bisa langsung ke tempat produksinya,” jelasnya.

BACA JUGA:  Histeris, Anak Semata Wayang Korban Pembunuhan di Sumedang
BACA JUGA:  Alunan Musik Kacapi Sedot Animo Warga Sumedang

Dony mengatakan, dalam upaya mendukung UMKM di Sumedang, ia mengimbau kepada para ASN melalui surat edaran untuk membeli produk-produk UMKM Sumedang.

“Saya menghmbau dengan keras ASN membeli produk UMKM. Termasuk saya imbau para camat untuk membeli produk sepatu ke Kampung Sepatu. Bahkan, saya sudah kirim surat ke IPDN agar memakai produk kaos kaki UMKM Sumedang. Kemudian, kepada para kepala Puskesmas agar memesan peralatan alumunium dari UMKM,” ucapnya.

Penulis/Editor: R003

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles