27.4 C
Indonesia
Selasa, Oktober 19, 2021
BJB KPRBJB KPRBJB KPR

Awas! Jangan Asal Beli Oli, Bisa Sebabkan Mesin Kendaraan Overheat

PEMILIHAN oli berpengaruh terhadap kinerja mesin. Jangan tertipu dengan oli palsu yang harganya lebih murah. net/ruber.id

Awas! Jangan Asal Beli Oli, Bisa Sebabkan Mesin Kendaraan Overheat

ruber.id — Meski sudah banyak ditarik dari peredaran, oli-oli mesin palsu masih kadang ditemui di pasar otomotif Indonesia.

Memang dari segi harga, oli palsu jauh lebih murah ketimbang yang asli. Pastinya, dengan harga yang lebih murah, pengendara biasanya langsung tergoda dan akhirnya membelinya.

Sebaiknya, jika Anda ditawari oli dengan harga yang jauh lebih murah dibanding yang biasa Anda beli, jangan dipilih. Karena bisa saja itu adalah oli palsu yang bisa membahayakan kendaraan Anda.

Kenapa oli palsu berdampak buruk pada mesin kendaraan Anda? Ini penjelasan yang berhasil ruber.id rangkum.

Perlu diketahui, oli palsu memiliki kemungkinan besar tidak tahan panas dan daya lumasnya sangat buruk. Mesin, jika tidak dilumasi dengan oli yang mampu menahan suhu tinggi maka bisa mengakibatkan terjadinya overheat pada mesin mobil.

BACA JUGA:  Jangan Tertipu, Ini Cara Membedakan Oli Asli atau Palsu

BACA JUGA: Tips Merawat Mobil Agar Performa Mesin Terjaga dan Tetap Nyaman Digunakan

Agar terhindar dari mesin overheat, selain selalu memakai oli asli, volume oli juga harus selalu diperiksa. Hal ini penting untuk dilakukan karena mungkin saja volume oli berkurang karena terjadinya penguapan atau adanya kebocoran.

Meski begitu, mesin mobil overheat juga tidak hanya disebabkan oli palsu, bisa juga karena penyebab lain.

Misalnya adanya kerusakan di radiator. Seperti yang kita tahu, radiator mempunyai fungsi sangat penting dalam mengelola suhu mesin mobil.

Apabila radiator bermasalah, otomatis sistem pendingin mesin mobil akan mengalami gangguan sehingga bisa menyebabkan mesin mobil menjadi cepat panas dan akhirnya mengalami overheat.

BACA JUGA:  Jangan Tertipu, Ini Cara Membedakan Oli Asli atau Palsu

Kalau hal ini tidak segera ditangani bisa berakibat fatal bagi mesin mobil tersebut. Biasanya, masalah yang sering muncul pada radiator adalah sirip-sirip radiator yang tersumbat oleh kotoran.

Kebocoran pada selang juga biasa terjadi pada radiator adalah. Nah, dua masalah di atas kalau tidak ditangani segera bisa menghambat sirkulasi cairan pendingin sehingga tidak akan terdistribusi dengan baik dan akhirnya membuat mesin mobil overheat.

Agar stamina mesin kendaraan tetap terjaga, Anda harus rutin memeriksakan oli mesin dan radiator, agar selalu bisa dicek jika ada kerusakan yang berakibat fatal pada kendaraan Anda.

Supaya lebih terjamin dan memuaskan, disarankan untuk memeriksakan ke bengkel resmi kendaraan Anda, karena biasanya montir di bengkel resmi lebih paham terhadap mesin kendaraannya ketimbang montir di bengkel umum biasa. red

Related Articles

1 KOMENTAR

Comments are closed.

- Advertisement -

Latest Articles