28.4 C
Indonesia
Minggu, September 19, 2021
spot_img

Asyiknya Ngabuburit Sambil Belajar Keselamatan Berlalu Lintas di Alun-alun Ciamis

CIAMIS, ruber — Dalam mengisi bulan suci Ramadan, Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis menggandeng komunitas Pelajar Pelopor Keselamatan Jalan (PPKJ) Ciamis menggelar aksi ngabuburit sambil belajar lalu lintas di Alun-alun Ciamis.

Kegiatan ini dilaksanakan rutin setiap akhir pekan selama bulan suci Ramadan.

Sasaran kegiatan edukasi ini adalah anak-anak usia dini dan sekolah dasar. Mereka akan diberikan pemahaman tentang tertib dan selamat berlalu lintas.

Kegiatan tersebut dikemas dalam berbagai permainan interaktif, salah satunya ular tangga dengan tantangan pertanyaan seputar rambu dan tara cara berlalu lintas, seperti yang terlihat Sabtu (11/5/2019).

Puluhan anak-anak antusias mengikuti instruksi yang diberikan oleh anggota komunitas pelajar pelopor keselamatan.

BACA JUGA:  Lagi Asyik Berenang di Sungai Ciputrahaji, Bocah asal Ciamis Hilang Terbawa Arus

“Dishub menggandeng para pelajar dari komunitas pelajar pelopor keselamatan, yang tergabung dari beberapa sekolah. Kegiatan ini mereka lakukan secara sukarela untuk memberi edukasi tertib lalu lintas,” ujar Plt Kepala Dinas Perhubungan Endang Sutrisna didampingi Sekretaris Dinas Perhubungan Eddy Yulianto.

BACA JUGA:  Polres Ciamis Sita Ratusan Botol Miras Stok Libur Nataru di Pangandaran

Bagi anak-anak yang berhasil menyelesaikan tantangan ular tangga tersebut sampai finish, maka disediakan hadiah atau suvenir sebagai kenang-kenangan.

Menurut Eddy, diharapkan anak-anak bisa mengerti dan paham tentang tertib lalu lintas. Sehingga akan diingat sampai dewasa dan menerapkannya saat berkendara.

“Sejak usia dini sudah mengerti, sudah dewasa ketika mau berkendara sudah paham dalam berkendara dan berlalu lintas. Sehingga bisa mencegah terjadinya kecelakaan yang disebabkan lalainya pengemudi,” terang Eddy.

BACA JUGA:  Terus Nangis, Ayah Tiri di Ciamis Ini Pukuli Balita 4 Tahun Hingga Tewas

Menurut Eddy, kegiatan ngabuburit sambil belajar lalu lintas tersebut juga menyasar orang tua.

Secara tidak langsung orang tua yang sedang menjaga anak-anaknya paham tentang tertib lalu lintas, dan mau mengimplementasikannya dalam berkendara setiap hari.

BACA JUGA:  Warga Lakbok Hilang Tenggelam di Sungai Apur Ciamis

“Jadi untuk orang tuanya mengingatkan kembali, tentunya mereka sudah tahu tapi terkadang tidak diterapkan saat berkendara,” jelasnya.

Salah seorang warga Ciamis, Cicih, saat mengajak anaknya ngabuburit di Alun-alun Ciamis mengatakan kegiatan yang digelar oleh Dishub Ciamis dan pelajar pelopor keselamatan tersebut sangat bermanfaat, khususnya untuk anak.

Selain seru bermain juga diberikan pengetahuan tentang rambu-rambu dan tata tertib lalu lintas.

“Kelihatannya anak saya senang ikutan main ular tangga di sini. Ngajak main anak ke Alun-alun Ciamis ngabuburit sambil beli takjil. Ada kegiatan ini anak saya jadi mau ikutan,” singkatnya.

BACA JUGA:  Polres Ciamis Sita Ratusan Botol Miras Stok Libur Nataru di Pangandaran

Sementara, anggota PPKJ Ciamis Rizki Aifirmansyah mengatakan antusias anak-anak mengikuti permainan ular tangga lalu lintas tersebut cukup tinggi.

Diharapkan, dengan permainan ular tangga tersebut dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang lalu lintas. dang

BACA JUGA:  Kemarau, 12 Kecamatan di Ciamis Rawan Krisis Air Bersih
Foto: ANAK-anak antusias mengikuti permainan ular tangga sekaligus belajar keselamatan berlalu lintas di Alun-alun Ciamis, Sabtu (11/5/2019). dang/ruang berita

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles