KOTA BANDUNG, ruber.id – Animo masyarakat membeli produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Jawa Barat (Jabar) sangat tinggi. Banyak produk UMKM Jabar terjual dalam Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) di Trans Studio Mall, Kota Bandung, Minggu (4/4).
Perwakilan Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DPKUKM) Kota Cirebon, Heri Rinaldi mengatakan, satu per satu batik khas Cirebon laku terjual.
“Ada yang suka batik pewarna alami, batik kontemporer, dan batik cirebonan, Alhamdulillah motif keratonan kita habis. Yang batik pewarna alami juga sudah banyak peminatnya,” kata Heri.
Ruang UMKM Jabar untuk Promosikan Produk
Heri menilai, PKJB menjadi ruang bagi UMKM Jabar, khususnya Kota Cirebon, untuk mempromosikan produknya. Dengan begitu, produk UMKM dapat dikenal masyarakat Jabar meski dalam situasi pandemi.
Hal senada dikatakan pemilik brand TYU, Zara. Menurutnya, kedua gelaran tersebut menjadi momentum pelaku UMKM untuk memperluas pasar. Apalagi produk yang ditawarkannya, yakni buah kering atau dried fruit, masih belum familiar.
“Saya berharap, semoga orang-orang bisa lebih kenal dengan TYU karena ini merupakan brand baru. Kita sangat berharap brand awareness dari masyarakat,” kata Zara.
“Semoga bisa menjadi bagian dari branding TYU agar masyarakat lebih mengenal produk TYU. Produk dried fruit (buah kering) tanpa gula dan tanpa pengawet,” imbuhnya.
Deputi Keuangan Bank Indonesia, Gentur Wibisono berharap gelaran PKJB dapat melahirkan UMKM berkelas internasional.
“Target dari PKJB ini adalah memunculkan para UMKM yang berkelas internasional. Mereka telah terkurasi dengan baik oleh teman-teman Bank Indonesia dan Dekranasda Jawa Barat di bawah arahan dari Gubernur Ridwan Kamil. Kepala Perwakilan Jawa Barat Bapak Herawanto, semua kita dedikasikan agar UMKM Jabar Paten dan UMKM Jabar Juara,” ujar Gentur Wibisono.
Acara PKJB dan KKJB 2021 digelar untuk mendukung Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI). Kedua acara itu mengusung tema “Sinergi Mengembangkan Kreativitas Menuju UKM Jabar Teratas” dengan tagline #UKMJabarPaten.
Dalam rangkaian acara, akan ditampilkan berbagai produk kriya, kain, kuliner, kopi dan industri kreatif mitra Bank Indonesia di Jabar.
Selain itu, akan ditampilkan pula pemutaran video pariwisata, tarian, fashion show, talkshow akses pembiayaan dan business matching. Berbagai penampilan hiburan menarik lainnya untuk mempromosikan UMKM dan pariwisata di Jawa Barat secara nasional. (pun/humas jabar)