SUMEDANG, ruber— Ibu Rumah Tangga atau IRT setiap harinya pasti disibukkan dengan mengurus rumah tangga, apalagi jika sudah memiliki anak dan tidak dibantu oleh asisten rumah tangga.

Namun kesibukan sebagai ibu rumah tangga tidak mengurungkan niat Rina, IRT asal Ciguling, Sumedang untuk membuka usaha minuman dingin di rumahnya.

Karena tidak ingin meninggalkan anaknya yang masih kecil, Rina membuka usaha minuman dingin di dapurnya yang di modifikasi sendikit menjadi warung.

Sambil mengurus anak, setiap harinya Rina mendapatkan keuntungan dari usaha yang dijalaninya tersebut.

“Untuk jajan anak, daripada jenuh di rumah. Kalo gini kan jadi ada kegiatan. Sambil jaga anak juga.” ujar Rina kepada ruber, Sabtu (12/1/2019).

Usaha minuman dingin yang telah dirintis selama 3 tahun ini menjadi bisnis yang digemari oleh kalangan anak-anak di sekitar rumahnya.
“Varian rasa ada cokelat, melon, stroberi, jeruk, nanas dan mangga.” katanya.

Rina mengaku, belum terpikirkan untuk menambah varian rasa lain dalam minuman dingin yang dijualnya karena varian rasa yang ada masih tetap digemari oleh pelanggan.

Bisnis minuman dingin, menurutnya, sangat menguntungkan daripada bisnis minuman yang lain seperti kopi atau sirup.

“Lumayan ada untungnya, karena kan dari satu renceng serbuk minuman itu bisa dibuat 10 minuman dingin dengan harga yang lebih mahal dari harga serbuknya.” akunya.

Menurut Rina, minuman dingin sangat mudah dibuat, jadi sangat cocok untuk bisnis para ibu rumah tangga yang super sibuk namun ingin menambah uang belanja atau sekadar ingin menambah penghasilan untuk jajan anak.

“Buatnya gampang. Tinggal buat es batu di plastik besar. Kalau udah ada es batunya tinggal pukul-pukul nanti pecah jadi kecil-kecil. Terus masukin air secukupnya, es batu, dan serbuk minumannya kemudian blender.”

Untuk topingnya sendiri, Rina menawarkan toping meses dan keju. Disamping usaha minuman dinginnya tersebut, baru-baru ini Rina menambahkan usaha makanan seperti basreng dan seblak di warungnya.

“Biasanya kalau basreng dan seblak yang suka belinya ibu-ibu.” katanya.

Rina berharap, usahanya ke depan tidak hanya menjual minuman dingin, basreng, dan seblak namun menjadi warung serba ada. Memiliki modal yang besar juga menjadi harapan Rina.

“Pengennya jualan lengkap, ada sayuran juga, terus ditambah lagi varian rasa minumannya,” harapnya. riany/mg

loading…