SUMEDANG, ruber — Pemkab Sumedang akan memperjuangan debit air 1000 liter/detik untuk bisa dinikmati warga.

BACA JUGA: Kepala LPBJ Bantah Ada yang Mundur, Wabup Sumedang Segera Panggil Pejabat Pengadaan

Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir menilai saat ini Sumedang hanya kebagian sedikit debit air dari waduk Jatigede.

“Sumedang hanya mendapatkan 350 liter/detik. Sedangkan Majalengka 950 liter/detik, Indramayu 750 liter/detik, Kabupaten Cirebon 950 liter/detik dan Kota Cirebon 500 liter/detik. Padahal potensi Sumedang ke depan memiliki wilayah aero city,” ujarnya saat memimpin rapat tindak lanjut Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Jatigede di Ruang Rapat Cakrabuana, Kamis (10/1/2019).

Bupati mengaku, hasil rapat tersebut Bupati Sumedang akan kembali memperjuangkan jumlah debit air mencapai 1000 liter/detik.

“Karena ini masih tahap satu, untuk tahap duanya masih ada kesempatan. Kami harus mengusulkan kembali, karena harus ditindaklanjuti dengan pertimbangan teknis. Dan pusat juga memang menerima seperti itu,” terangnya.

Bupati berharap, dengan adanya Waduk Jatigede, Sumedang seharusnya dapat menerima manfaat yang lebih dibandingkan dengan daerah lain. 

“Aero city kan ada di Sumedang, jadi kita bisa menyalurkan air baku itu ke kawasan industri dan aero city. Karena air baku ini akan dibagikan pada tahun 2023 mendatang,” tuturnya. bay