29.4 C
Indonesia
Selasa, September 28, 2021
spot_img

Ziarah Makam Tokoh Warnai Peringatan Hari Pramuka di Purworejo

BERITA PURWOREJO, ruber.id – Dalam rangka HUT ke 60 Pramuka, Kwartir Cabang Purworejo, Jawa Tengah melakukan ziarah ke sejumlah tokoh Pramuka. Ziarah makam yang dipimpin Ketua Kwarcab Purworejo Pram Prasetyo Achmad ini, diawali di TMP Projo Handoko Loyo. Kemudian dilanjutkan ke makam tokoh Pramuka.

Ketua Kwarcab juga didampingi Waka Binamuda Soekso DM, Waka Humas Abdimas Muh Wuryanto. Waka Binawasa Titik Mintarsih, dan Sekretaris Piyani, serta sejumlah pengurus Pramuka.

Pram Prasetyo mengatakan, ziarah tokoh Pramuka merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasanya di kepramukaan Purworejo.

BACA JUGA:  Inbup Purworejo soal Perpanjangan PPKM Level 4, Warteg dan Kaki Lima Boleh Kembali Buka

“Dengan melakukan ziarah kepada tokoh Pramuka Purworejo, kami berharap bisa meneladani dan bisa menjadikan motivasi untuk terus berkarya di Pramuka,” harap Pram saat ditemui usai ziarah.

BACA JUGA:  965 Kepala Keluarga di Purworejo Terima Bansos Rp1.8 Juta

Selain itu, kata Pram Prasetyo, sangat penting ziarah di TMP. Karena, Gerakan Pramuka memahamkan dan memiliki peran untuk melanjutkan perjuangan. Dalam rangka untuk membangun negara dan masa depan. Juga sebagai wujud menghormati dan menghargai jasa para pahlawan.

“Kami bertekad, untuk meneladani semangat kejuangan dan semangat pengorbanan. Inilah yang tidak mungkin ditanamkan dengan cara teoritis. Namun, dengan berziarah, semangat berjuang dan berkorban untuk bangsa bisa kita pahami. Gerakan Pramuka mempunyai sifat nasionalisme dan patriotisme untuk meneruskan cita-cita para pendiri bangsa,” ujar Pram.

BACA JUGA:  Tinjau Produksi Gula Kristal di Purworejo, Menkop UKM: Koperasi Jangan Terus Jadi Mikro

Sementara, Soekoso DM menjelaskan, ziarah di sembilan makam yang merupakan tokoh Pramuka antara lain di makam Marnti, makam Kayulawang, makam Baledono, dan makam Plaosan.

BACA JUGA:  Dandim Sumedang: Anggota Saka Wira Kartika Calon Pemimpin Masa Depan Bangsa

“Selain ziarah, juga akan dilaksanakan rangkaian kegiatan yakni renungan dan ulang janji. Kemudian upacara, penganugerahan tanda penghargaan, gerakan kebersihan lingkungan, dan bulan bakti Pramuka,” ucapnya. (R030/Purworejo)

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles