GARUT  

Wakapolri Cek Kesiapan GTC Limbangan, Polres Garut Siapkan BBM Mobile

Wakapolri Cek Kesiapan GTC Limbangan, Polres Garut Siapkan BBM Mobile
Kunjungan Wakapolri, Gatot Eddy Pramono didampingi oleh Kapolda Jabar, Irjen Pol Suntana di GTC Limbangan, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut, Senin (25/4/2022). ist/ruber.id

BERITA GARUT, ruber.id – Wabup Garut Helmi Budiman menyatakan, mendukung penuh persiapan Polres Garut dalam menghadapi arus mudik Lebaran tahun ini.

“Ya kita men-support, dari mulai tenaga, dari mulai dinas-dinas kita kerahkan. Kemudian relawan-relawan dari PMI, dari pramuka, dari itu kita kerahkan juga jadi komandannya satu (yaitu) Pak Kapolres,” ucapnya. Saat mendampingi Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono. Dalam kunjungan kerjanya ke Garut Trade Center (GTC) Limbangan di Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut, Senin (25/4/2022).

Kunjungan kerja ini, dalam rangka peninjauan kesiapan Pos Terpadu di GTC Limbangan. Dalam menghadapi momen mudik Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah.

Selain Wabup, turut mendampingi, Kapolda Jawa Barat Irjen Polisi Suntana, dan lKapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono.

Helmi menuturkan, untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di sepanjang jalur mudik, pihaknya telah memperbaiki beberapa ruas jalan demi kenyamanan para pengguna jalan.

Pemkab Garut, kata Helmi, juga memberikan kompensasi kepada kusir delman khususnya yang berada di jalur mudik agar tidak beroperasi selama momen mudik tahun ini.

Baca juga:  Cegah Corona, Forkopimda Banyuresmi Garut Jaga Ketat Wilayah Perbatasan

“Terutama, kalau jalan nasional Alhamdulillah (bagus), ini paling kita di sini membantu agar tidak ada delman, ya kita bayar delman tidak beroperasi selama satu minggu,” ujarnya.

Dalam konferensi pers di depan awak media, Gatot Eddy Pramono menyampaikan apresiasi terhadap persiapan yang sudah dilakukan oleh Polres Garut bersama Forkopimda Garut. Menuju momen arus mudik, di mana telah dibangun beberapa pos di beberapa titik.

“Tadi Pak Kapolres bersama unsur Forkopimda sudah menyampaikan langkah-langkah antisipasinya. Di antaranya, dengan menyiapkan pos-pos pengamanan, pos-pos terpadu, pos-pos pelayanan, pos-pos gatur lalin dan satu lagi pos-pos wisata,” ucapnya.

Ia menerangkan, Polres Garut juga telah membuat beberapa inovasi seperti Bahan Bakar Minyak (BBM) Mobile yang dapat membantu para pemudik jika kehabisan bensin di perjalanan.

“Jadi kalau ada mobil yang tiba-tiba berhenti karena kehabisan bensin, sudah disiapkan BBM Mobile untuk menghampiri kendaraan itu diberikan bensin. Sehingga bisa jalan kembali,” ungkapnya.

Baca juga:  Kabar Baik. Sejak Awal Mei, Tak Ada Tambahan Kasus Warga Positif Corona di Garut

Tak hanya inovasi BBM Mobile, inovasi lainnya pun telah disiapkan oleh Polres Garut. Yaitu berupa aplikasi Smart Polantas Polres Garut yang berisi informasi terbaru terkait situasi lalu lintas selama arus mudik berlangsung.

Selain itu, banyak inovasi lainnya yang juga Wakapolri paparkan, salah satunya yaitu Bengkel Mudik Darurat.

“Ini semua dilakukan secara bersama-sama saling bersinergi, berkolaborasi dengan Polri, TNI, pemerintah daerah, kejaksaan. Kemudian juga ketua pengadilan, dan stakeholder lainnya,” ujarnya.

Berdasarkan laporan dari Kapolres Garut, kenaikkan arus lalu lintas mulai meningkat sebanyak 20%. Wakapolri pun mengimbau kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik untuk melakukan vaksinasi. Demi kenyamanan para pemudik agar terhindar dari penyebaran Covid-19.

“Kita berharap dan berdoa mudah-mudahan mudik tahun ini, yang sudah dua tahun tidak dilaksanakan bisa berlangsung dengan aman, nyaman, dan sehat,” ungkapnya.

Baca juga:  Angka Kasus dan Kematian Akibat COVID-19 di Garut Naik Tajam

Antisipasi Bencana Alam

Di tempat yang sama, Kapolres Garut, AKBP Wirdhanto Hadicaksono menyampaikan, untuk mengantisipasi bencana alam. Khususnya saat ini Kabupaten Garut masih memiliki curah hujan yang tinggi, pihaknya akan melakukan antisipasi agar tidak terjadi banjir ataupun tanah longsor di sepanjang arus mudik.

“Di beberapa titik di jalur Limbangan ini ada tiga (alat berat) dan kemudian termasuk nanti yang dari wilayah Cilawu kita siapkan,” kata Kapolres Garut.

Selain itu, untuk mengatasi kemungkinan terjadi kemacetan, pihaknya akan menerapkan sistem one way.

Kemudian, terkait inovasi BBM, pihaknya telah bekerjasama dengan Pertamina di sepanjang jalur Limbangan-Malangbong untuk dapat membantu masyarakat ketika arus mudik.

“Nah oleh karena itu, kami bekerja sama dengan Pertamina karena dari jalur ini ada 4 SPBU. Untuk supaya memodifikasi sebuah motor kendaraan roda dua supaya nanti ditumpangi adanya jerigen. Jadi akhirnya, di situ bisa membantu masyarakat apabila memang kehabisan bensin,” ucapnya.