UMKM Didata, 18 Pasar Desa di Sumedang Akan Terima Bantuan Alat Kesehatan COVID-19

  • Bagikan
Img wa
KEPALA Bidang UMKM pada Diskoperindag Sumedang Idik Jaya Permana. uya/ruber.id

SUMEDANG, ruber.id – Sebanyak 18 pasar desa di Sumedang, Jawa Barat akan menerima bantuan alat kesehatan pencegahan COVID-19.

Selain itu, UMKM di Sumedang juga akan menerima bantuan dari Pemprov Jawa Barat.

Saat ini, Diskoperindag Sumedang masih melakukan pendataan UMKM di Sumedang.

Dan menunggu kabar selanjutnya dari provinsi terkait bantuan apa yang akan diterima para pelaku UMKM di tengah krisis pandemi corona ini.

Kepala Bidang UMKM pada Diskoperindag Sumedang Idik Jaya Permana menyebutkan, bantuan alat kesehatan akan diberikan kepada 18 pasar desa di Sumedang.

“Bantuan alat kesehatan untuk pencegahan COVID-19 ini bersumber dari anggaran yang semula akan digunakan untuk berbagai kegiatan UMKM.”

“Tapi dialihkan karena adanya pandemi COVID-19. Bantuan alat kesehatan akan disalurkan untuk 18 pasar desa,” sebutnya kepada ruber.id, Jumat (3/4/2020) kemarin.

Sementara, kata Idik, untuk bantuan yang akan disalurkan kepada UMKM, saat ini Diskoperindag masih menunggu petunjuk teknis dari provinsi.

“Tapi saat ini sudah mulai didata. UMKM penerima bantuan adalah mereka yang usahanya terdampak virus corona. Dan data sementara, sudah ada 86 pelaku UMKM,” ucapnya.

Idik menuturkan, data pelaku UMKM yang sudah tercatat di Diskoperindag sendiri hingga saat ini ada sebanyak 20.000.

“Tapi kalau disingkronkan dengan pelaku UMKM yang melakukan pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) secara keseluruhan di Sumedang itu ada sekitar 80.000 pelaku usaha,” tuturnya. (R017/Uya)

BACA JUGA: Diskoperindag dan bank bjb Ajak UMKM Sumedang go Online

  • Bagikan