Trik Cantik Putar Balik Mobil Tanpa Membahayakan Diri Sendiri

  • Bagikan
putar balik mobil
PUTAR balik mobil sembarangan mengakibatkan kecelakaan. foto net/ruber.id

BERITA TIP & HOBI, ruber.id – Siapa pun pengendara mobil pernah melakukan putar balik. Entah karena jalannya salah atau memang sudah tidak mempunyai kepentingan dengan jalan depannya dan mengharuskan dia untuk memutar balik.

Nah sebagai pemula, tentu memutar balik mobil menguras tenaga. Bahkan bisa membuat tubuh menjadi keringat dingin. Adakalanya putar balik dilakukan dengan begitu cantik.

Beberapa pengendara mobil yang sudah fasih, tentu pernah mengalami putar balik yang dianggapnya sempurna. Hanya dengan sekali gerakan tangan pada setir, mobil bisa langsung terbalik.

Semua itu butuh proses, tidak semuanya seketika langsung bisa. Ada juga pengendara mobil yang ketika memutar balik, kerap membahayakan pengendara lain.

Baca juga:  Ini Fungsi Tombol Pengunci di Tuas Transmisi Mobil Matik

Hal ini tentunya menjadi masalah serius karena harus melibatkan orang lain ketika tidak berhati-hati.

Nah buat Anda yang belum mengetahui caranya, ini nih ada trik cantik putar balik tanpa membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Trik yang Bisa Dicoba Saat Ingin Putar Balik Mobil

Three Point Turn
Trik yang pertama ini bisa Anda gunakan ketika berada di gang yang sempit. Gang yang hanya memiliki jalan selebar mobil dan muat untuk putar balik, bisa dibuat untuk memutar balik menggunakan trik ini.

Trik ini dilakukan dengan maju mundur dan berhenti di tiga titik. Tempatkan saja mobil Anda di sisi terluar jalan. Dengan begini, Anda akan mendapatkan ruang untuk manuver.

Baca juga:  Ini Penyebab Pedal Kopling Mobil Keras dan Berat

Nah sebelum berhenti pastikan keadaan sekitar aman atau sepi, baru lakukan putar balik.

Teknik U-Trun
Teknik kedua ini akan lebih berisiko jika jalanan ramai atau dipadati kendaraan lain. Karena teknik ini memerlukan jalan berlawanan untuk mendapatkan space ketika memutar balik.

Dengan memanfaatkan kosongnya jalan berlawanan, Anda bisa melakukan teknik dengan mudah. Kelemahan dari teknik tentu sangat banyak.

Selain hanya bisa dilakukan di jalan yang memiliki dua space, juga akan membahayakan jika jalanan tersebut ramai dilewati oleh lalu-lalang kendaraan lain.

Berhati-hati juga ketika menggunakan trik yang lebih mudah dari trik sebelumnya.

Nah kedua trik tersebut bisa dijadikan bahan latihan ketika Anda ingin memutar balik menggunakan mobil. Pelan-pelan dan selalu hati-hati kunci berhasilnya kedua trik tersebut. (CW-006/khairul anam)

Baca juga:  Ini Peran Penting Kaca Spion Mobil yang Wajib Diketahui

BACA JUGA: Perhatikan Ini, Modifikasi Lampu Mobil Bisa Mengakibatkan Kebakaran

  • Bagikan