20.4 C
Indonesia
Senin, November 29, 2021

Perhatikan Ini, Lampu Mobil Dimodifikasi Bisa Mengakibatkan Kebakaran

BERITA OTOMOTIF, ruber.id – Salah satu alat transportasi yang tidak jauh dari kita adalah mobil. Mobil tentu saja sangat membutuhkan lampu ketika berkendara. Bukan hanya pada malam hari saja, bahkan siang hari pun lampu harus dinyalakan.

Lampu merupakan salah satu komponen yang paling penting untuk semua alat transportasi. Selain untuk pencahayaan, lampu juga bisa digunakan sebagai peringatan atau sebuah tanda bagi alat transportasi yang sedang beroperasi.

Peraturan baru yang dibuat pemerintah agar tetap menyalakan lampu di siang hari semakin memperjelas bahwa lampu memang merupakan komponen penting.

Sebagai pengguna mobil dan sering berpergian sampai larut malam, bagi Anda lampu yang terang adalah komponen yang sangat dibutuhkan.

BACA JUGA:  Ini Fungsi Tombol Pengunci di Tuas Transmisi Mobil Matik

Maka tak ayal, beberapa pengguna seperti Anda kerap memodifikasi lampu mobil agar tampak lebih terang dari sebelumnya.

Padahal memodifikasi lampu mobil mempunyai risiko yang besar. Risiko ini jarang sekali diperhatikan oleh para pengguna mobil. Korsleting listrik yang diakibatkan oleh lampu mobil yang kurang pas dapat mengakibatkan kebakaran.

Apalagi memodifikasinya tidak dilakukan oleh ahli atau spesialisnya. Maka risiko yang besar itu akan berpeluang lebar terjadi karena mungkin salah memasang aliran atau kabel listriknya.

Tampak Sepele Tapi Berisiko Fatal

Memang sekilas tampak sepele tetapi risiko yang akan diterima, tidak tanggung-tanggung. Penyebab dari kebakaran mobil itu beragam. Salah satunya korsleting yang terjadi lantaran arus pendek dan dapat membakar mobil tersebut.

BACA JUGA:  Mengenal Trik Bersihkan Grill Mobil Sendiri di Rumah

Selain itu ada beberapa penyebab mengapa sih memodifikasi lampu dapat mengakibatkan kebakaran. Misalnya saja tidak ada keselarasan voltase dan watt antara kabel dan lampunya.

Anda tidak bisa memasangkan kabel yang seharusnya mengalirkan listrik 5 ampere dengan lampu yang memiliki kapasitas listrik yang jauh lebih besar dari kabel tersebut.

Jika memaksanya, maka akan terjadi korsleting karena kabel harus mengalirkan listrik yang jauh lebih besar dari kapasitasnya. Sesuaikan saja antara kabel dan lampu agar dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Terakhir penyebab mengapa korsleting terjadi adalah, karena proses penyambungannya yang kurang pas. Sambungan yang kurang pas itu akan sangat berakibat fatal.

Makanya ketika menyolder atau memasangkan, harus yang kuat agar kabel tidak terbuka dan korsleting dapat dihindari.

BACA JUGA:  Ganti Busi Secara Berkala Menjaga Performa Mesin Motor

Nah beberapa penyebab mengapa memodifikasi lampu mobil dapat mengakibatkan kebakaran, itu wajib Anda ketahui dan terapkan ketika hendak memodifikasi lampu mobil.

Sehingga berita tentang beberapa mobil yang terbakar dengan sendirinya tidak terdengar lagi. (CW-006/khairul anam)

BACA JUGA: Trik Aman Mengerem Bagi Pengguna Motor Matik

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles