21.4 C
Indonesia
Minggu, Oktober 17, 2021
BJB KPRBJB KPRBJB KPR

Tips Merawat Mobil Agar Performa Mesin Terjaga dan Tetap Nyaman Digunakan

ILUSTRASI mengecek oli mobil. net/ruber.id m

Tips Merawat Mobil Agar Performa Mesin Terjaga dan Tetap Nyaman Digunakan

ruber.id — Memiliki mobil mungkin merupakan salah satu impian Anda. Namun apakah Anda sudah siap dengan perawatan mobilnya?

Ya, bagi Anda yang memiliki mobil, baik yang baru atau bekas, Tentunya harus dirawat agar mesin lebih awet. Penampilan mobil juga harus diperhatikan agar tetap kinclong.

Perawatan pun tidak melulu harus ke bengkel resminya, karena ada beberapa yang bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan montir.

Selain lebih irit biaya, Anda juga akan lebih mengenal kondisi mobil sendiri. Dengan begitu, Anda akan tahu jika ada yang tidak beres dengan mobil Anda.

Perawatan mobil bukan hanya bagian mesinnya saja. Bagian eksterior dan interior juga perlu diperhatikan agar Anda lebih nyaman memakainya.

Untuk perawatannya sendiri pastinya berbeda antara mobil matic dan manual. Namun, untuk perawatan luar baik matic maupun manual sama. Hanya saja jika Anda ingin menambah aksesoris seperti lampu dan lainnya sebaiknya dipasang oleh ahlinya.

Berikut cara merawat mobil yang berhasil ruber.id rangkum.

BACA JUGA: Ini Penyebab Rem Blong dan Cara Mengatasinya

Merawat Cat Mobil

BACA JUGA:  Jangan Asal Bilas, Ini Tips Mencuci Mobil Setelah Kehujanan

Untuk perawatan bagian luar mobil, pertama Anda bisa merawat cat mobil. Saat pertama melihat mobil, yang diperhatikan pastinya catnya. Karena itu, rawatlah cat mobil dengan baik.

Banyak faktor yang mempengaruhi cat menjadi rusak, salah satunya adalah baret pada bodi mobil yang biasanya karena salah parkir dan senggolan.

Agar hal ini tidak terjadi, Anda harus lebih berhati-hati saat memarkir kendaraan.

Selain itu, jika mencuci mobil, gunakan sabun cuci khusus untuk mobil dan jangan sembarang. Lap yang digunakan juga yang halus dan tidak merusak cat mobil dan tentunya parkir mobil dengan penutup mobil untuk menghindari lembab dan panas matahari.

Pemakaian Bahan Bakar

Pemakaian bahan bakar dapat mempengaruhi kondisi mobil. Penggunaan bahan bakar yang kotor sangat mempengaruhi kinerja mesin dalam mobil.

Karena itu, usahakan setiap berpergian sudah mengisi bahan bakar dan isilah di tempat yang resmi supaya steril dan tidak ada campuran bahan yang akan mempengaruhi kinerja mesin mobil.

Ganti Oli Mobil

Anda jangan sampai lupa mengganti oli mobil. Sebaiknya sediakan jurnal untuk mengingatkan waktu pergantian oli, bisa di buku atau yang paling mudah adalah di smartphone.

BACA JUGA:  Cara Merawat Kampas Rem Mobil agar Aman Berkendara

Biasanya, mobil harus ganti oli ketika sudah menempuh jarak 5.000 km, namun untuk Anda yang sering terkena macet, disarankan untuk melakukan pergantian setiap 7.500 km. Lakukan pergantian di tempat ganti oli resmi dan pilihlah oli terbaik.

Air Radiator

Tak jarang perawatan yang satu ini terlupakan, padahal dapat menunjang perfoma mobil. Air radiator harus sering dicek dan diganti.

Jangan gunakan air radiator yang kotor dan asal-asalan. Agar lebih terjamin, Anda bisa membeli air radiator di toko-toko yang menyediakannya. Sebaiknya gunakan air radiator dengan merek yang dianjurkan untuk mobil.

Pemakaian Transmisi yang Benar

Untuk menjaga perfoma mesin agar tetap optimal, perhatikan pemakaian transmisi. Jika Anda belum terlalu mahir menggendarai mobil harus sering meningkatkan kemampuan agar semakin handal dan paham betul menggunakan transmisi mobil yang benar.

Baik trasmisi otomatis maupun manual membutuhkan penanganan yang berbeda. Disarankan Anda mengikuti kursus stir mobil dan tanyakan dengan detail menggenai transmisi mesin yang benar dan baik saat-saat kondisi tertentu.

BACA JUGA:  Jangan Sampai Bikin Repot, Begini Cara Merawat Hidrolik Pintu Mobil

Servis Berkala

Selain itu, Anda jangan lupa melakukan servis berkala. Biasanya servis berkala meliputi berbagai hal, seperti membersihkan interior kendaraan, ganti oli, penambahan cairan radiator, penggecekan kondisi baterai atau aki mobil, pemeriksaan pelumas rem, dan lainnya.

Jangan malu bertanya kepada montir tentang hal yang ingin Anda ketahui. Karena, itu akan sangat berguna ketika suatu hari kemungkinan mobil Anda mengalami masalah, namun posisi Anda jauh dari bengkel.

Jika Anda masih awam, Anda bisa melihat petunjuk pemakaian atau perawatan mobil, baik matic maupun manual. Anda bisa mengikuti petunjuk tersebut.

Perawatan yang benar akan menjadikan performa mobil maksimal dan komponen mobil akan lebih panjang usia pakainya.

Sebab, kerusakan dalam komponen atau tidak berfungsinya suatu sistem dalam mobil merupakan salah satu akibat dari kurangnya perawatannya.

Tak jarang akibat kelalaian tersebut menyebabkan kejadian seperti rem blong, bahan bakar boros, menurunnya perfoma mesin yang mengakibatkan turun mesin.

Itulah tips merawat mobil yang bisa Anda lakukan agar performa mobil terjaga. Semoga bermanfaat! red

Related Articles

1 KOMENTAR

Comments are closed.

- Advertisement -

Latest Articles