oleh

Khusus Pemilik Mobil Warna Putih, Begini Cara Merawat Catnya Agar Tak Berjamur

ruber.id – Anda punya mobil berwarna putih? Tentunya Anda harus lebih ekstra dalam perawatannya.

Ya, dibanding dengan warna lain seperti hitam, warna putih lebih cenderung mudah terlihat kusam. Meski demikian, warna ini menjadi favorit sebagian pemilik mobil.

Nah, buat Anda yang ingin mobil putih kesayangannya lebih terawat dan tak mudah kusam serta berjamur, berikut ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan

Pertama, ketika mencuci mobil, gunakan air bersih yang tidak banyak mengandung garam atau zat besi.

Kalau Anda lebih sering mencuci mobil di tempat pencucian mobil, ketahui kualitas airnya. Hal itu untuk menghindari timbulnya jamur atau karat pada cat mobil.

Paling penting, bila mobil kehujanan, terkena noda lumpur atau kotoran, langsung cuci bersih, jangan ditunda.

Karena, kalau keburu kering dengan sendirinya akan sulit dihilangkan apabila terlalu lama.

Anda juga harus menghindari mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung. Jadi sabun atau sampo yang digunakan tidak menempel di bodi mobil dan menimbulkan bercak.

Jangan asal menggunakan sabun untuk mencuci mobil. Yang paling baik, gunakan sabun atau sampo mobil berkualitas supaya hasil pencucian maksimal.

Apabila kualitas sabun atau sampo tidak baik, itu dapat menimbulkan jamur pada permukaan cat dan akan sulit dihilangkan jika lama dibiarkan menumpuk.

BACA JUGA: Mobil Matik Juga Bisa Irit Bensin Lho, Begini Caranya!

Termasuk jika mencuci di tempat pencucian mobil. Alangkah baiknya jika Anda menyiapkan sabin sendiri, kecuali Anda tahu kualitas sabun di tempat tersebut bagus.

Saat melakukan pembilasan, mulailah dari arah atas ke bawah. Sehingga, air sabun dan kotoran akan langsung turun, tidak berpindah tempat ke celah-celah bodi mobil yang sempit.

Apabila sudah selesai, langsung keringkan bodi mobil dengan kain berdaya serap tinggi. Usahakan tidak ada sisa air yang menempel di bodi mobil.

Setiap enam bulan, lakukan perawatan khusus untuk cat mobil untuk membersihkan jamur pada cat menggunakan cairan khusus agar tetap berkilau.

Saat memarkir mobil pun Anda harus pilih-pilih. Cari tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung dan gunakan car cover apabila mobil tidak digunakan lebih dari tiga hari.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat mobil putih kesayangan Anda. Selamat mencoba! (R004)

loading...