29.4 C
Indonesia
Senin, September 27, 2021
spot_img

Ternyata Membersihkan Rantai Ada Caranya, Begini yang Benar

TIPS & HOBI, ruber.id – Salah satu komponen yang penting pada sepeda motor adalah rantai.

Anda jangan menyepelekan komponen yang satu ini. Harus selalu dirawat dan dibersihkan agar tarikan dan akselerasinya tidak berkurang. Bila tidak, rantai akan cepat kering dan kendur.

Tetapi Anda tidak bisa sembarangan membersihkannya dan berpikir asal bersih saja. Ada cara tertentu yang bisa Anda lakukan untuk membersihkannya, tentunya menggunakan bahan yang aman.

Sebelum membersihkannya, Anda terlebih dahulu harus mengetahui jenis rantai sepeda motor Anda. Melansir dari situs resmi Suzuki, jenisnya ada dua yakni dengan ring dan tanpa ring.

Jenis rantai dengan ring dibedakan lagi menjadi dua macam, yaitu O-ring dan X-ring. Ring tersebut berfungsi menjaga pelumas tetap pada posisi dua lempengan mata rantai.

Bentuk rantai O-ring ada yang seperti huruf O dan pipih, sedangkan X-ring bentuknya berpilin untuk mencegah logam komponen ini saling bergesekan.

Namun yang paling sering dijumpai dan lebih mudah dibersihkan adalah rantai biasa atau tanpa ring terbuat dari logam-logam.

BACA JUGA:  Cara Memanaskan Mesin Motor, Jika Salah Bisa Fatal
BACA JUGA:  Khusus Pemilik Mobil Warna Putih, Begini Cara Merawat Catnya Agar Tak Berjamur

Anda yang memilih komponen jenis ini, jangan heran jika Anda akan sering mengganti rantainya karena pada komponen ini biasa sering terjadi gesekan antarmata rantai.

Sedangkan jenis dengan ring akan lebih awet, seperti pada O-ring yang terbuat dari bahan karet.

Setelah mengetahui jenis rantai motor, Anda harus memposisikan motor dengan jarak tengah, lalu mengecek keausan mata rantai dan sprocket gear.

BACA JUGA: Motor Ngempos Saat Digas? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Goyangkan motor ke kanan dan kiri serta menariknya ke belakang. Saat itulah Anda bisa memastikan apakah komponen tersebut kendur atau tidak.

Pasalnya sprocket gear yang aus bisa dilihat dari mata gear yang menajam. Kalau sudah dicek dan diperbaiki, maka proses pembersihan komponen ini bisa langsung dilakukan.

Anda juga harus ingat hal penting lainnya yakni melumasinya agar kondisinya tidak kering. Akan tetapi jangan sesekali menggunakan oli bekas ya.

BACA JUGA:  Ini Perbedaan Jenis Mobil CKD dan CBU

Oli bekas mengandung debu dan kotoran yang menempel pada komponen motor sebelumnya.

Ketika membersihkan sela-sela dan mata rantai, Anda perlu menggunakan kuas atau sikat gigi berukuran kecil atau yang pas.

Dengan begitu akan memudahkan bersihkan kotoran yang sulit dijangkau. Apabila permukaannya masih kotor, Anda bisa membersihkannya dengan bensin.

BACA JUGA:  DFSK Glory 560 Idola Baru Warga Bandung

Gunakan bahan yang aman dan memang ampuh saat diaplikasikan, seperti cairan penetran, minyak tanah, hingga sabun cuci piring. Disamping bahan lainnya yang bisa digunakan yaitu bensin, sikat gigi, dan kuas.

Langkah pertama membersihkannya adalah memposisikan motor Anda pada standar tengah.

Anda kemudian harus mengoleskan bensin pada permukaannya untuk merontokkan kerak dan kotoran pada dua komponen ini.

Usai melakukan pengolesan bensin, Anda harus menyemprotkan cairan penetran atau minyak tanah atau sabun cuci piring ke permukaannya dan diamkan sesaat.

BACA JUGA:  Mau Beli Motor Bekas? Ikuti Tips Ini Dulu Biar Anda Tidak Tertipu

Gosoklah dengan sikat gigi bekas secara perlahan. Lakukan sampai kotoran dan sisa oli pada rantai tersebut hilang.

Agar kotoran pada rantai dan gear rontok, semprot kembali berulang kali untuk lebih membersihkannya.

Saat sudah bersih, Anda harus mengeringkannya dengan kain kering. Lalu lumasi komponen motor ini dengan cairan chain lube. Cukup disemprotkan di mata gear dan rantai motor.

Supaya komponen motor yang satu ini awet dan tahan lama, Anda harus selalu membersihkannya dengan rutin.

Sebaiknya untuk mengetahui kekurangan yang mungkin terjadi, Anda harus mengecek kondisi motor sebelum dan sesudah berkendara.

BACA JUGA:  Ini Perbedaan Jenis Mobil CKD dan CBU

Anda disarankan menggunakan rantai dari merek ternama yang original dan hindari membeli barang merek KW yang kualitasnya kurang bagus. Karena hal itu bisa menyebabkan mesin motor gampang rusak dan kinerjanya tidak maksimal.

Itulah cara membersihkan rantai motor yang benar. Jadi mulai sekarang, jika Anda mau membersihkannya, jangan asal-asalan ya. (CW-002)

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles