30.4 C
Indonesia
Minggu, September 26, 2021
spot_img

Motor Ngempos Saat Digas? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

TIPS & HOBI, ruber.id – Masalah pada kendaraan yang satu ini kerap terjadi. Terutama pada sepeda motor. Yakni motor tidak mau melaju walaupun sudah digas atau ngempos saat digas.

Apakah Anda juga pernah mengalami masalah pada motor Anda seperti itu? Jika ya, Anda harus tahu terlebih dahulu apa penyebabnya. Dengan begitu, Anda akan tahu cara mengatasinya.

Melansir dari berbagai sumber, berikur beberapa penyebab motor ngempos saat digas dan cara mengatasinya.

Overheating

Motor ngempos saat digas salah satunya bisa disebabkan overheating karena sistem pendingin yang tidak bekerja dengan baik sehingga tenaga mesin jadi loyo.

Akbibat overheating, komponen dalam mesin yang terbuat dari metal memuai secara ekstrem dan yang menjadi kendala utama biasanya terjadi pada piston silinder.

Jika piston sudah memuai, pergesekan piston dengan dinding silinder akan semakin besar dan gerakannya lebih berat, sehingga tenaga mesin akan berkurang dan motor ngempos saat digas.

Kalau ini masalahnya, cara mengatasinya adalah cukup hentikan mesin kendaraan sejenak.

Tunggu suhu menurun dan jangan memaksakan untuk tetap berjalan karena menyebabkan motor ngempos saat mesin panas. Lebih parahnya, dapat berdampak menyebabkan mesin rusak.

BACA JUGA:  Jangan Sampai Bikin Repot, Begini Cara Merawat Hidrolik Pintu Mobil
BACA JUGA:  Musim Hujan Kabin Mobil Bau Tak Sedap? Hilangkan dengan Cara Ini

Filter Udara Kotor

Seperti yang kita ketahui, fungsi dari filter udara adalah untuk menyaring udara dari kotoran. Untuk proses pembakaran, mesin memerlukan oksigen dari udara. Nah, jika filter udara bermasalah dapat menyebabkan motor ngempos saat digas.

Sebaiknya bersihkan filter udara secara rutin supaya mesin bisa tetap bekerja secara maksimal.

Karburator dan Injeksi

Periksa karburator dan injeksi motor Anda karena penyebab motor ngempos saat digas bisa juga disebabkan oleh komponen tersebut.

Sebagai komponen penyalur bahan bakar, karburator dan injeksi jangan sampai tersumbat atau kotor.

Cara mengatasinya, Anda bisa menggunakan carburator cleaner untuk membantu menghilangkan kotoran yang menempel pada lubang injektor tersebut. Kemudian semprot dengan angin dari kompresor.

Pengapian Bermasalah

Selain itu, penyebab lain motor ngempos saat digas juga adalah sistem pengapian yang bermasalah.

BACA JUGA: Bersihkan Sendiri Lampu Mika Mobil yang Buram dengan Cara Ampuh Ini

Anda tentunya tahu bahwa pengapian sudah jelas untuk menentukan tenaga mesin. Bila sistem pengapiannya bermasalah, maka tenaga mesin juga jadi menurun.

BACA JUGA:  Ternyata Membersihkan Rantai Ada Caranya, Begini yang Benar

Kemungkinan masalah yang terjadi bisa jadi disebabkan oleh busi, kabel busi atau koil. Sistem pengapian yang tidak baik akan menyebabkan motor ngempos saat digas.

Anda bisa mengeceknya ke bengkel resmi atau bengkel langganan Anda untuk memastikan pengapian motor masih baik atau bermasalah.

BACA JUGA:  Ternyata Membersihkan Rantai Ada Caranya, Begini yang Benar

Klep Bermasalah

Pengaturan klep yang kurang tepat juga dapat menyebabkan motor ngempos saat digas. Hal ini terjadi karena terlalu rapat atau sebaliknya.

Namun, untuk mengukur kerapatan klep ini pun juga tidak boleh sembarangan. Anda sebaiknya menyerahkan masalah ini kepada bengkel yang terpercaya.

Salah BBM

Penyebab motor ngempos saat digas yang satu ini sering dianggap sepele, padahal menentukan bahan bakar minyak (BBM) memiliki peranan yang sangat penting untuk mesin.

Anda harus memilih BBM yang sesuai dengan tingkat kompresi motor.

Alasannya, penggunaan oktan yang tepat akan memperlancar pembakaran dalam mesin dan tidak akan terjadi masalah motor ngempos saat digas.

Misalnya, untuk motor modern, pakai minimal RON 92, baik itu Shell Super atau Pertamina Pertamax.

BACA JUGA:  Tak Selalu Masalah Aki, Ini Penyebab Starter Elektrik Motor Susah Nyala

Akan tetapi, untuk motor lama dengan kompresi yang tidak terlalu tinggi, dapat memakai Pertalite atau RON 90.

Hindari penggunaan Premium atau RON 88, karena kondisinya tidak terlalu bersih dan kurang optimal saat dibakar di dalam mesin.

Usia Kendaraan

Usia kendaraan dapat menjadi penyebab lain motor ngempos saat digas.

Sepeda motor yang usianya sudah di atas 5 tahun rentan mengalami masalah ini. Tak hanya itu, motor yang tidak pernah diservis juga jelas mengalami berbagai permasalahan.

BACA JUGA:  Busi Motor Basah, Hitam dan Bau Bensin? Ini Penyebabnya

So, jangan pernah malas untuk mengecek kondisi motor Anda ya. Jangan mmenunggu ada masalah pada motor dulu baru diservis.

Anda jangan membiarkan motor ngempos saat digas. Segera kunjungi bengkel dan cek komponen-komponen motor Anda.

Apabila dibiarkan, masalah itu menyebabkan berbagai hal yang merugikan pengendara.

Di antaranya bisa mengakibatkan konsumsi BBM yang makin boros, mesin jadi mudah ngelitik dan gas buang baunya jadi tajam dan pedih di mata.

Yuk, segera cek motor Anda di bengkel resmi atau bengkel langganan Anda sebelum kerusakan semakin parah! (CW-002)

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles